visitaaponce.com

PP Muhammadiyah Apresiasi Evakuasi WNI dari Sudan

PP Muhammadiyah Apresiasi Evakuasi WNI dari Sudan
Bus Kementerian Luar Negeri yang digunakan untuk mengangkut WNI yang dievakuasi.(ANTARA/FAUZAN)

PENGURUS Pusat (PP) Muhammadiyah mengapresiasi evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Sudan oleh pemerintah Indonesia yang dipimpin Kementerian Luar Negeri (Kemlu). Tindakan pemerintah daerah dalam melayani warganya yang datang dari Sudan sangat baik.

"PP Muhammadiyah sangat menghargai upaya luar biasa yg telah dilakukan oleh Kemlu dan perwakilan Indonesia di Khartoum, Jeddah dan Riyadh sehingga seluruh WNI di Sudan dapat diselamatkan dari dampak konflik bersenjata di Sudan," ungkap pernyataan resmi Ketua Satgas Sudan PP Muhamadiyah Abdoel Malik dalam keterangannya, Minggu (30/4).

Menurut dia total jumlah kader Muhammadiyah tersebut 129 orang yang terdiri 77 laki-laki, 52 perempuan turut membantu pemerintah dalam menangani pemulangan WNI dari Sudan.

Baca juga: Ini Bukti Satgas PP Muhammadiyah Bantu Tangani WNI dari Sudan

"Kami juga telah menyusun daftar daerah para penyintas untuk memudahkan pengaturan pemulangan para WNI ke daerah masing-masing," paparnya.

Satgas Sudan PP Muhammadiyah juga mengharapkan dapat memfasilitasi kepulangan kader dari Jakarta sampai ke rumah masing-masing. Pada evakuasi tahap I yang tiba di Jakarta pada 28 April 2023, terdapat 51 kader Muhammadiyah, termasuk Diantara kader Muhammadiyah tersebut terdapat dua wanita hamil masing-masing dua bulan dan empat bulan, serta empat balita.

"Alhamdulillah mereka sudah masuk ke Asrama Haji dalam keadaan baik," tegasnya.

Baca juga: 363 WNI dari Sudan Tiba di Tanah Air

Ia menuturkan Satgas Sudan PP Muhammadiyah menyampaikan penghargaan yang setinggi-tinginya kepada pemerintah daerah yang telah berkomitmen untuk memfasilitasi pemulangan WNI dari Sudan seperti ke Aceh, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Riau.

Satgas Sudan PP Muhammadiyahmengharapkan seluruh proses evakuasi berjalan lancar dan mendukung pemerintah membawa WNI dari Sudan hingga Asrama Haji, sejak pemulangan tahap I pada 28 April 2023, kemudian tahap II rencana tiba pada 30 April 2023 dan tahap III rencana tiba pada 1 Mei 2023. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat