visitaaponce.com

10 Fakta Menarik tentang Raja Charles III, Ratu Camilla, dan Sejarah Penobatan Pemimpin Inggris

10 Fakta Menarik tentang Raja Charles III, Ratu Camilla, dan Sejarah Penobatan Pemimpin Inggris
Banyak fakta menarik dari penobatan Raja Charles III. Simak 10 fakta menarik dari peristiwa itu.(AFP)

RAJA Charles III resmi dinobatkan pada Sabtu (6/5). Upacara di Westminster Abbey menampilkan Permaisuri, Camilla, dinobatkan bersama Raja Charles III. Penobatan ini memiliki sejarah yang kaya akan tradisi dan simbolisme.

Banyak hal menarik yang terjadi pada penobatan itu. Seperti Raja Charles III menjadi pewaris takhta tertua dan pertama kalinya sejak 1937 seorang permaisuri dimahkotai di samping seorang raja. 

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Raja Charles III, Permaisuri Camilla, dan sejarah penobatan sesuai situs resmi Keluarga Kerajaan.

Baca juga: Ini Perbedaan Gelar Ratu Camilla dan Pangeran Philip

  1. Raja Charles III akan menjadi penguasa ke-40 yang dimahkotai di Westminster Abbey, dengan Permaisuri Camilla dimahkotai di sampingnya.
  2. Gereja Westminster telah menjadi tempat untuk setiap penobatan sejak 1066, dengan William Sang Penakluk menjadi raja pertama yang dinobatkan.
  3. Penobatan Raja Anglo-Saxon Edgar di Bath pada 953 M adalah penobatan paling awal yang tercatat secara mendetail. Namun, itu bukan penobatan pertama.
  4. Pada upacara penobatan, Raja Charles III mengenakan Mahkota St Edward yang dibuat tahun 1661. Mahkota tersebut, terbuat dari emas murni dengan berat sekitar 2,2 kg, telah digunakan dalam penobatan setiap raja Inggris sejak Raja Charles II.
  5. Mantan Chief Design Officer Apple, Sir Jony Ive, merancang lambang penobatan untuk Penobatan Raja Charles III.
  6. Selama upacara penobatan, Permaisuri Camilla mengenakan Mahkota Ratu Mary. Ini adalah pertama kalinya sejak abad ke-18 mahkota permaisuri digunakan kembali. Selain itu, mahkota tersebut akan dihiasi dengan berlian dari koleksi perhiasan pribadi Ratu Elizabeth II.
  7. Mary, Ratu Skotlandia memegang perbedaan sebagai raja termuda dalam sejarah. Dia naik tahta dan menjadi Ratu pada 1542 ketika dia baru berusia enam hari.
  8. Pada 2 Juni 1953, Ratu Elizabeth II bukan satu-satunya yang menduduki Kursi Penobatan. Menjelang upacara, seekor kucing hitam bernama Matins ditemukan sedang tidur di kursi di gereja.
  9. Raja William III dan Ratu Mary II dinobatkan pada 1689 sebagai penguasa bersama untuk pertama kalinya.
  10. Penobatan Ratu Elizabeth II menjadi yang pertama disiarkan di televisi. Sekitar 27 juta orang di Inggris menyaksikan upacara tersebut.

Hari penobatan adalah hari kemegahan, upacara dan keagungan yang lengkap dengan emas 22 karat, mahkota berusia 360 tahun, sebuah flypast, dan Pelatih Negara Emas yang cocok untuk seorang raja.

Baca juga: Penampilan Unik dan Heboh Warga Inggris saat Tonton Penobatan Raja Charles III

Camilla dinobatkan sebagai Ratu. Pasangan itu bergabung dengan anggota Keluarga Kerajaan, meskipun bukan Pangeran Harry, yang disemangati oleh ribuan orang yang berkumpul di luar Istana Buckingham.

Sementara itu, puluhan orang ditangkap selama Penobatan Raja, termasuk pemimpin kelompok anti-monarki terkemuka.(Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat