visitaaponce.com

PBB Senjata Kimia Bisa Hancurkan Dunia

PBB: Senjata Kimia Bisa Hancurkan Dunia
Bendera PBB.(AFP/ANDREJ IVANOV)

SEKRETARIS Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres menyuarakan kekhawatiran sekaligus keprihatinan atas penggunaan senjata kimia. Dia mengajak semua negara untuk menyetopnya karena dapat menghancurkan kelangsungan penduduk Bumi.

"Kita tidak boleh mundur. Penggunaan senjata kimia terus berlanjut. Setiap penggunaannya mengancam membalikkan kemajuan yang kita peroleh dengan susah payah," tutur Guterres.

Dia menyampaikan seruannya tersebut dalam pesan video perihal Special Session of the States dalam meninjau operasi Konvensi Senjata Kimia PBB pada Senin (15/5). Menurut dia, senjata kimia merupakan musuh untuk peradaban manusia ke depan.

Baca juga:

Netanyahu Tegaskan akan Terus Cegah Iran Miliki Senjata Nuklir

Biden Balik Tuding Putin akan Gunakan Senjata Kimia dan Biologi di Ukraina

"Kita harus melakukan segala upaya untuk melenyapkan senjata teror yang tidak masuk akal ini," sambungnya.

Atas nama para korban serangan ini, dan sebagai pencegah bagi negara atau aktor lain yang mungkin menggunakan senjata kimia di masa depan, Guterres mengatakan mereka yang menggunakan senjata kimia dimintai pertanggungjawaban.

"Senjata kimia tidak memiliki tempat di dunia kita dan penggunaannya di mana pun, oleh siapa pun, dengan alasan apa pun tidak dapat diterima," tambahnya.

Baca juga: Suriah Gunakan Senjata Kimia pada 2018

Ia juga menggarisbawahi pentingnya Konvensi Senjata Kimia PBB. Mulai berlaku pada 1997, konvensi tersebut bertujuan menghapuskan seluruh kategori senjata pemusnah massal dengan melarang pengembangan, produksi, akuisisi, penimbunan, retensi, transfer atau penggunaannya.

Para penandatangan konvensi harus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menegakkan larangan itu, dan memastikan penghancuran yang aman dari pasokan yang ada saat ini. (UN/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat