visitaaponce.com

Erdogan Janjikan Kemenangan Lebih Besar pada Pemilu Putaran Kedua

Erdogan Janjikan Kemenangan Lebih Besar pada Pemilu Putaran Kedua
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan istrinya Emine Erdogan saat meninggalkan TPS usai pemungutan, di Istanbul (14/3/2023)(OZAN KOSE / AFP )

PRESIDEN Turki Recep Tayyip Erdogan menjanjikan kepada para pendukungnya sebuah kemenangan yang lebih besar dalam pemungutan suara ulang pada 28 Mei mendatang.

Erdogan, yang sedang mengincar masa jabatan ketiga sebagai presiden dan perpanjangan lima tahun lagi, terlihat bersemangat sejak pemilihan umum parlemen dan presiden pada hari Minggu (14/5).

Di tengah krisis ekonomi, kritik atas respon terhadap gempa bumi Februari lalu, dan jajak pendapat yang mengindikasikan kemenangan bagi saingan utamanya. Namun, sang presiden muncul sebagai pemenang.

Baca juga: Ogan Hambatan Sekaligus Kunci Kemenangan Erdogan atau Kilicdaroglu

Meskipun ia harus menghadapi putaran kedua melawan pemimpin oposisi Kemal Kilicdaroglu pada tanggal 28 Mei, karena tidak ada kandidat yang mendapatkan lebih dari 50 persen suara, momentum terbaik ada pada politisi yang paling sukses secara elektoral di Turki ini.

"Sekarang adalah waktunya untuk memahkotai kesuksesan yang kita raih pada tanggal 14 Mei dengan kemenangan yang lebih besar," ia menulis di Twitter pada hari Selasa.

Baca juga: Turki Tentukan Pimpinan pada 28 Mei 

"Dengan izin Allah, kita akan menjadikan 28 Mei sebagai cikal bakal abad Turki,” sebutnya.

Erdogan, bagaimanapun juga, tidak bisa membiarkan mesin Partai Keadilan dan Pembangunan (AK Party) kehabisan tenaga.

Meskipun ia menerima 49,5 persen suara dalam pemilihan presiden dibandingkan dengan 44,9 persen suara Kilicdaroglu, partainya mengalami penurunan suara dari pemilihan tahun 2018.

Partai AK tetap menjadi partai terbesar di parlemen, tetapi partai ini mencatatkan tingkat dukungan terendah sejak berkuasa pada tahun 2002, dengan mendapatkan 35,6 persen suara.

Mengacu pada penurunan kursi Partai AK dalam sebuah wawancara TV pada Selasa malam, Erdogan mengatakan bahwa partai tersebut sedang membuat persiapan untuk menghilangkan kesalahan.

Meskipun demikian, kepercayaan dirinya tampaknya tidak terpengaruh. Pada hari Minggu malam, Erdogan muncul di balkon markas besar Partai AK di Ankara , mempersiapkan para pemilih untuk pemilihan umum yang akan datang.

"Erdogan tampil di depan dan di tengah-tengah di balkon rumahnya di depan ribuan pendukungnya dalam sebuah acara yang dikoreografikan dengan cermat, menyemangati para pendukungnya dan memobilisasi basis pemilihnya," ujar Sinan Ciddi, seorang pakar Turki di Universitas Korps Marinir Amerika di Virginia.

Burhanettin Duran, koordinator umum lembaga pemikir SETA yang pro-pemerintah, mengatakan bahwa Erdogan memiliki dua keuntungan di putaran kedua yaitu mengendalikan parlemen dan memenangkan pemilihan hari Minggu dengan selisih yang jelas.

"Erdogan, yang membutuhkan tambahan 0,5% suara, diperkirakan akan dengan mudah memenangkan putaran kedua," katanya.

"Memang, pidato Erdogan yang menyeluruh dan penuh percaya diri dari balkon di markas besar partainya menunjukkan kenyamanan ini,” ujarnya.

"Pada saat yang sama, ini adalah awal yang baik untuk kampanye putaran kedua,” tambahnya.

Mengacu pada kontrol aliansinya di parlemen, Erdogan menekankan perlunya stabilitas dan kepercayaan antara pemerintah dan legislatif.

"Posisi kuat Aliansi Rakyat di parlemen membuat kita lebih kuat," katanya kepada penyiar CNN Turk dan Kanal D.

Kampanye Erdogan sejauh ini berfokus pada sejumlah bidang utama yang diharapkan dapat dipertahankannya dalam beberapa hari mendatang, yang sebagian besar dirancang untuk menopang dukungan nasionalis dan konservatif. (aljazeera/fer/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat