visitaaponce.com

Dua WNI Ditangkap, Kemenlu Kirim Nota Diplomatik ke Arab Saudi

Dua WNI Ditangkap, Kemenlu Kirim Nota Diplomatik ke Arab Saudi
Kemenlu mengirimkan nota diplomatik ke Pemerintah Arab Saudi, terkait penangkapan dua WNI terkait kasus dugaan peredaran narkoba.(Dok. Kemenlu)

KEMENTERIAN Luar Negeri Indonesia mengirim nota diplomatik ke pemerintah Arab Saudi. Pengiriman nota diplomatik ini terkait dengan penahanan dua warga negara Indonesia (WNI) karena diduga terlibat peredaran narkoba.

Direktur Jenderal Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kemenlu Judha Nugraha mengatakan, pemerintah terus melakukan komunikasi dengan Arab Saudi terkait kasus ini.

"Perwakilan RI Riyadh saat ini sedang melakukan komunikasi dengan Kementerian Luar Negeri melalui nota diplomatik dan Kepolisian Saudi di Riyadh terkait informasi dua WNI yang terlibat kasus peredaran narkoba di wilayah Arab Saudi," kata Judha dalam pernyataannya, Kamis (18/5).

Baca juga : Kemenlu Pastikan tidak Ada Korban WNI Dalam Kecelakaan Bus Arab Saudi 

Judha menambahkan, KBRI Riyadh akan memastikan kedua WNI itu memperoleh hak-hak hukum sesuai ketentuan negara setempat. KBRI juga kemungkinan akan menunjuk pengacara untuk menelaah kasus dan pembelaan.

Terutama, jika kasus ini masuk dalam kategori pidana berat. "KBRI akan mendampingi proses hukum dengan menyediakan penerjemah, pendampingan saat pengambilan keterangan dan pengadilan," tuturnya.

Kasus narkoba tengah menjadi perhatian di Arab Saudi. Sayangnya, diduga ada dua perempuan Indonesia yang ditangkap atas kasus perederan zat terlarang itu.

Berdasarkan twitter dari SaudiNews50 pada 15 Mei 2023 disebutkan pemerintah Arab Saudi melakukan operasi pengendalian narkotika di Riyadh. Dalam operasi tersebut, seorang warga Bangladesh dan dua perempuan Indonesia ditangkap dengan barang bukti obat-obatan terlarang. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat