visitaaponce.com

Akan Hadiri KTT G7, Presiden Jokowi Berolak ke Hiroshima

Akan Hadiri KTT G7, Presiden Jokowi Berolak ke Hiroshima
Presiden Joko Widodo memberi keterangan saat akan bertolak ke Hiroshima, Jepang untuk menghadiri KTT G7.(Medcom.id/Kautsar )

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) bersama delegasi terbatas bertolak ke Hiroshima, Jepang, hari ini, Jumat (19/5). Jokowi akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Seven (G7

"Pagi hari ini, saya bersama ibu negara dan delegasi terbatas akan berangkat ke Hiroshima di Jepang dalam rangka menghadiri undangan Presiden G7 dari PM (Jepang) Kishida," ujar Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (19/5).

Jokowi mengatakan, dalam pertemuan G7, akan dibahas mengenai perubahan iklim, pangan, energi, dan suara dari negara-negara South Global. Ia menegaskan sudah saatnya suara dari negara perkembang didengar. 

Baca juga: Negara G7 Pertimbangkan Sanksi Baru terhadap Rusia

"Kita akan membawa suara dari Global South yang intinya negara-negara berkembang harus didengarkan, bukan hanya negara-negara maju dan negara-negara besar saja tapi negara-negara berkembang harus didengarkan di dalam forum itu. Keinginan kita kira-kira itu," kata Jokowi.

Isu perdamaian, kata Jokowi, juga akan ia bahas dalam KTT G7 di Jepang nanti. Termasuk isu mengenai Myanmar.

"Akan dibahas karena tempatnya adalah Hiroshima karena itu adalah simbol perdamaian," kata Jokowi.

Baca juga: Negara G7 Didesak Bayar US$13 Triliun pada Negara-negara Miskin

Dalam lawatan ke Jepang, Jokowi didampingi sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, seperti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) Pramono Anung. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat