visitaaponce.com

Negara G7 Pertimbangkan Sanksi Baru terhadap Rusia

Negara G7 Pertimbangkan Sanksi Baru terhadap Rusia
KTT G7.(AFP)

KELOMPOK negara-negara demokrasi kaya G7 diperkirakan akan mengencangkan sanksi dan berusaha memaksa Rusia untuk mengakhiri perangnya di Ukraina.

Menurut beberapa laporan, sanksi-sanksi terhadap Rusia telah membuatnya lebih terisolasi dibandingkan setelah Revolusi Bolshevik 1917, ketika sekutu-sekutu Perang Dunia I memblokade negara ini.

Meskipun sanksi terhadap Rusia merupakan salah satu yang terberat yang pernah dijatuhkan pada sebuah negara besar, G7 memiliki ruang yang cukup besar untuk meningkatkan tekanan tersebut.

Baca juga: Negara G7 Didesak Bayar US$13 Triliun pada Negara-negara Miskin

"Jelas ada banyak ruang bagi G7 untuk memberlakukan pembatasan lebih lanjut dan memperketat sanksi yang sudah ada," kata Rachel Lukasz, anggota Kelompok Kerja Internasional untuk Sanksi Rusia di Universitas Stanford, kepada Al Jazeera.

"Bidang-bidang yang paling penting termasuk minyak dan energi secara lebih luas, sanksi perdagangan non-energi dan menutup celah di bidang ini, dan sanksi teknologi,” sambungnya.

Baca juga: Enam Pemimpin dari Benua Afrika Ingin Damaikan Rusia-Ukraina

Fokus utama anggota G7 diperkirakan akan meningkatkan penegakan sanksi-sanksi yang sudah ada, termasuk menindak penghindaran sanksi-sanksi yang melibatkan negara-negara ketiga.

Pada pertemuan Kelompok Tujuh yang berlangsung di Hiroshima, Jepang, para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G7 berjanji dalam sebuah pernyataan bersama untuk melawan segala upaya yang menghindari dan melemahkan langkah-langkah sanksi tersebut.

Uni Eropa, yang berpartisipasi dalam acara-acara G7 sebagai anggota non-enumerated, sedang mempertimbangkan hukuman bagi perusahaan-perusahaan yang membantu Rusia dan membuat blok ini lebih dekat ke dalam keselarasan dengan rezim sanksi AS. (Aljazeera/Z-9)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat