visitaaponce.com

Dua Jenazah Ditemukan, Kemlu Pantau Pencarian 17 ABK WNI

Dua Jenazah Ditemukan, Kemlu Pantau Pencarian 17 ABK WNI
Ilustrasi(Antara)

SEBANYAK dua jenazah yang diduga awak kapal Lu Peng Yuan Yu 208 telah ditemukan dan tengah diidentifikasi. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) terus memantau proses evakuasi untuk memastikan nasib 17 warga negara Indonesia (WNI).

"Kemenlu telah berkomunikasi dengan Kedutaan Besar Tiongkok di Jakarta dan benar telah ditemukan dua jenazah yang diduga awak kapal Lu Peng Yuan Yu 028," kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha, Jumat (19/5).

Menurut dia, saat ini, kedua jenazah sudah diangkut ke kapal evakuasi. Keduanya membutuhkan proses identifikasi oleh pihak terkait.

Baca juga : Tujuh Jenazah ABK Kapal Tiongkok Ditemukan, Kemlu Gandeng Polri

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri menuturkan, telah menerima informasi mengenai hilangnya kapal penangkap ikan berbendera Tiongkok dengan 17 ABK WNI di dalamnya. Kapal itu berawak total 39 orang.

"Kemenlu telah menerima informasi dari Kedubes Tiongkok di Jakarta mengenai hilangnya kapal penangkap ikan berbendera Tiongkok Lu Peng Yuan Yu 028 pada 16 Mei 2023," ucap Judha.

Kapal tersebut berawak total 39 orang terdiri dari 17 warga Tiongkok, 17 WNI, dan lima warga Filipina. Judha mengatakan, Kemenlu telah berkoordinasi dengan Basarnas terkait hal ini.

Baca juga : Jepang dan Taiwan Belum Temukan 6 ABK WNI

"Melalui penjejakan pancaran sinyal EPIRB (emergency positional indicator radio beacon), diketahui lokasi EPIRB Lu Peng Yuan Yu 028 berada di Samudera Hindia," imbuh Judha.

Mengingat lokasi tersebut berada dalam koordinasi SAR Australia, Basarnas telah berkomunikasi dengan AMSA Australia.

Selanjutnya, ucap Judha, AMSA Australia telah melakukan operasi SAR di sekitar lokasi dengan mengerahkan asset baik pesawat dan kapal, termasuk meminta dukungan dari kapal niaga yang sedang berlayar di sekitar lokasi.

Baca juga : DPR Minta Kemenlu Beri Kejelasan Soal 17 WNI Tenggelam di Kapal Tiongkok

"Berdasarkan informasi AMSA, kapal telah ditemukan dalam keadaan terbalik. Operasi SAR masih terus dilakukan untuk mencari para awak kapal," terangnya.

Judha menuturkan, KBRI Beijing juga telah berkomunikasi dengan Kemenlu Tiongkok. 

"Kemenlu Tiongkok menyampaikan keprihatinan atas musibah tersebut, dan akan mengerahkan dua kapal pencari dan menjamin pemenuhan hak-hak para awak kapal," tutupnya. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat