visitaaponce.com

Kunker ke Jepang, Presiden Akan Lakukan Pertemuan Bilateral Dengan PM Jepang hingga Inggris

Kunker ke Jepang, Presiden Akan Lakukan Pertemuan Bilateral Dengan PM Jepang hingga Inggris
Di hari Keduanya di Jepang, Presiden akan melakukan pertemuan bilateral dengan PM Jepang Fumio Kishida dan PM Inggris Rishi Sunak.(Antara)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengawali hari kedua kunjungan kerja (kunker) di Jepang, Sabtu (20/5), dengan melakukan pertemuan bilateral. Pertemuan itu dilakukan bersama Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida di Grand Prince Hotel Hiroshima.

Selain dengan PM Kishida, Presiden akan melakukan pertemuan bilateral dengan PM Inggris Rishi Sunak. Setelahnya, Presiden dan delegasi terbatas akan kembali ke Rihga Royal Hotel Hiroshima untuk melakukan sejumlah pertemuan bilateral dengan beberapa negara sahabat.

Pada sore hari, Presiden didampingi Iriana diagendakan menghadiri acara penyambutan resmi negara mitra G7 oleh PM Kishida dan Yuko Kishida. Presiden Jokowi kemudian juga akan mengikuti sejumlah sesi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7.

Baca juga: Hadir di KTT G7, Indonesia Bawa Suara Negara Miskin dan Berkembang

Rangkaian kegiatan Presiden dan Iriana diakhiri dengan menghadiri jamuan santap malam resmi yang digelar bagi para pemimpin negara anggota G7 serta negara mitra.

Diketahui Presiden berangkat ke Hiroshima membawa sejumlah isu seperti perubahan iklim, pangan, energi, dan suara dari negara-negara GS. Ia menegaskan sudah saatnya suara dari negara perkembang didengar. 

Baca juga: Akan Hadiri KTT G7, Presiden Jokowi Berolak ke Hiroshima

"Kita akan membawa suara dari GS yang intinya negara-negara berkembang harus didengarkan, bukan hanya negara-negara maju dan negara-negara besar saja tapi negara-negara berkembang harus didengarkan di dalam forum itu. Keinginan kita kira-kira itu," kata Jokowi. 

Isu perdamaian, kata Jokowi, juga akan ia bahas dalam KTT G7 di Jepang nanti. Termasuk isu mengenai Myanmar.  "Akan dibahas karena tempatnya adalah Hiroshima karena itu adalah simbol perdamaian," kata Jokowi. 

Dalam lawatan ke Jepang, Jokowi didampingi sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) Pramono Anung. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat