visitaaponce.com

Indonesia Jadi Kunjungan Luar Negeri Perdana Kaisar Naruhito

Indonesia Jadi Kunjungan Luar Negeri Perdana Kaisar Naruhito
Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito bersama permaisuri Owada Masako tiba di Indonesia(Antara/Sigid Kurniawan)

KAISAR Jepang Hironomiya Naruhito didampingi Permaisuri Owada Masako memilih Indonesia sebagai kunjungan resmi luar negeri pertama sejak naik takhta pada 1 Mei 2019.

Sekretaris Pers untuk Kaisar Jepang Shiojiri Kojiro mengatakan, Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi Narushito sejak diangkat menjadi kaisar.

“Artinya, ini menjadi kunjungan resmi setelah diangkat,” kata Kojiro dalam konferensi pers di Jakarta Pusat, Minggu (18/6).

Baca juga : Forum Kerja Sama Media ASEAN-China 2023 Bahas Penguatan Konektivitas Kawasan

Kojiro menambahkan kesempatan mengunjungi Indonesia atas dasar undangan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

“Jadi tahun lalu, Presiden Jokowi mengunjungi Jepang dan mengundang Kaisar bersama Permaisuri untuk datang ke Indonesia,” sebutnya.

Baca juga : Kemlu Tunggu Laporan KBRI Den Haag

Kesempatan itu datang, Kaisar dan Pemaisuri mengunjungi Indonesia memenuhi undangan resmi pemerintah Indonesia.

“Kaisar sangat ingin melihat langsung peningkatan kerja sama Jepang-Indonesia,” lanjutnya.

Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito didampingi Permaisuri Owada Masako dijadwalkan akan melaksanakan sejumlah kegiatan dalam lawatannya ke Indonesia, di antaranya pertemuan dengan Presiden Joko Widodo pada Senin (19/6).

Selain itu, Kaisar Naruhito juga telah mengunjungi sejumlah tempat di Jakarta pada Minggu (18/6). seperti Depo MRT Lebak Bulus dan Stasiun Pompa Waduk Pluit.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan, Indonesia telah lama mengundang Kaisar Jepang untuk berkunjung, salah satunya saat kunjungan Presiden Joko Widodo ke Tokyo, Jepang pada Juli 2022.

“Saya yakin kunjungan ini akan semakin mempererat hubungan persahabatan dan juga kerja sama baik dengan Indonesia, dan saya merasakan kebahagiaan yang luar biasa bersama masyarakat Jepang,” sebutnya.

Kunjungan ini merupakan kunjungan perdana Kaisar Hironomiya Naruhito ke Indonesia sejak dinobatkan sebagai Kaisar Jepang ke-126 pada 2019.

Kaisar bersama Permaisuri akan berada di Indonesia selama tujuh hari dan akan kembali bertolak ke Tokyo, Jepang, pada Jumat (23/6). (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat