visitaaponce.com

Kapal Selam untuk Jelajahi Bangkai Titanic Dilaporkan Hilang

Kapal Selam untuk Jelajahi Bangkai Titanic Dilaporkan Hilang
Sebuah kapal penjaga perbatasan berlabuh di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat setelah terdengar kabar ada kapal yang hilang.(AFP/JOSEPH PREZIOSO )

TITAN, sebuah kapal selam yang sedang melakukan ekspedisi wisata untuk menjelajahi bangkai kapal Titanic telah hilang di lepas pantai Kanada sisi tenggara, menurut OceanGate Expeditions, perusahaan swasta yang mengoperasikan kapal tersebut.

OceanGate mengatakan dalam sebuah pernyataan singkat pada Senin (19/6), bahwa pihaknya memobilisasi semua pilihan untuk menyelamatkan kru dan wisatawan yang berada di dalam kapal. Belum jelas berapa orang yang berada di dalamnya.

Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS) telah memulai operasi pencarian dan penyelamatan kapal naas itu. "Kami sangat berterima kasih atas bantuan ekstensif yang kami terima dari beberapa lembaga pemerintah dan perusahaan laut dalam dalam upaya kami untuk menjalin kembali kontak dengan kapal selam tersebut,” kata OceanGate dalam pernyataan tersebut.

Baca juga: Titanic Dirilis Ulang, Sutradara Akui Jack Harusnya Bisa Selamat

Titan tengah melakukan misi penjelajahan Titanic kelima pada 2023, yang dijadwalkan dimulai pekan lalu dan seharusnya berahir Kamis (15/6), menurut situsnya.

Ekspedisi yang dibanderol dengan harga US$250 ribu (sekitar Rp3,7 miliar) per orang itu dimulai di Kota St. John’s, Newfoundland, Kanada, sebelum berjalan sekitar 400 mil ke lokasi bangkai kapal Titanic di Samudra Atlantik, menurut situs OceanGate.

Titan berkapasitas lima orang dan bisa membawa mereka turun dasar laut untuk melihat kapal Titanic dalam waktu dua jam.

Baca juga: Marsha Arui Terkesan dengan Titanic versi Remastered

Titanic merupakan kapal penumpang Inggris yang tenggelam pada 1912 dalam pelayaran perdananya setelah menabrak gunung es dan menewaskan lebih dari 1.500 orang. Ceritanya telah diabadikan dalam buku nonfiksi maupun fiksi, serta film blockbuster Titanic pada 1997. (VoA/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat