visitaaponce.com

Pimpinan Wagner Pastikan Pasukan Mereka Batal Menyerbu Moskow

Pimpinan Wagner Pastikan Pasukan Mereka Batal Menyerbu Moskow
Seorang warga berjalan melintas di depan pasukan Wagner di Rostov-on-Don(AFP/Roman ROMOKHOV)

PIMPINAN pasukan bayaran Wagner, Sabtu (24/6), menarik pasukannya yang tengah dalam pergerakan menuju ibu kota Rusia, Moskow. Hal itu meredakan ancaman keamanan terbesar yang dihadapi Rusia dalam puluhan tahun terakhir.

Perselisihan antara pimpinan Wagner, Yevgeny Prigozhin dan petinggi militer Rusia berakhir dengan buruk dalam beberapa hari terakhir dengan Wagner berhasil merebut sebuah markas militer Rusia selatan dan kemudian bergerak menuju Moskow.

Namun, beberapa jam sebelum pasukan Wagner mencapai Moskow, Kremlin mengumumkan Prigozhin akan bertolak ke Belarus dan Rusia tidak akan menjalankan proses hukum terhadap dirinya atau petinggi Wagner lainnya.

Baca juga: 3 Orang Tewas dalam Serangan Udara Terbaru Rusia di Ukraina

Hal itu merupakan perkembangan dramatis dalam krisis militer di Rusia dengan Presiden Vladimir Putin sempat mengakui adanya ancaman perang saudara, warga diminta untuk tidak ke luar rumah, dan Kiev menyambut gembira kekacauan yang terjadi di negara agresor mereka.

Ketegangan di Rusia mereda setelah Prigozhin mengumumkan bahwa pasukannya memutuskan untuk berbalik ke markas demi mencegah pertumpahan darah di Moskow.

Prigozhin, yang berselisih dengan pimpinan militer Rusia meski pasukannya merupakan mayoritas pemimpin invasi ke Ukraina, mengatakan dia menyadari pentingnya untuk tidak menumpahkan darah di Rusia.

Baca juga: Rusia Lancarkan Serangan Rudal ke Kota-Kota Ukraina

Pada Sabtu (24/6) malam, Wagner mulai menarik pasukan mereka dari markas militer yang mereka duduki di Rostov-on-Don.

Presiden Belarus Alexander Lukashenko mengklaim dirinya telah bernegosiasi dengan Prigozhin untuk mencegah pergerakan pasukan Wagner di wilayah Rusia. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat