visitaaponce.com

Grup Wagner Batal Lakukan Kudeta di Rusia

Grup Wagner Batal Lakukan Kudeta di Rusia
Personel Grup Wagner berada di atas sebuah tank di Rostov-on-Don, Rusia.(AFP/Roman ROMOKHOV )

PEMIMPIN dari kelompok tentara bayaran Grup Wagner, Yevgeny Prigozhin, membatalkan rencananya melakukan kudeta di Rusia, Sabtu (24/6). Presiden Belarus Alexander Lukashenko berhasil memediasi Prigozhin dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Rusia akan membatalkan tuntutan pidana terhadap Prigozhin dan ia akan pergi ke Belarus," kata Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Dia menambahkan para tentara Grup Wagner tidak akan diadili atas tindakan mereka sebelumnya. Putin telah berterima kasih kepada Lukashenko karena telah menengahi perjanjian tersebut.

Baca juga: Pimpinan Wagner Pastikan Pasukan Mereka Batal Menyerbu Moskow

Sebelumnya, pasukan Grup Wagner sempat mencapai Kota Lipetsk, sekitar 450 kilometer di selatan Moskow. Namun, Prigozhin memerintahkan mereka semua untuk kembali ke kamp.

Prigozhin dan pasukan Grup Wagner lainnya terlihat meninggalkan markas Distrik Militer Selatan Rusia di Rostov-on-Don yang sebelumnya telah mereka rebut.

Prigozhin memulai kudeta, Jumat (23/6), setelah menuduh militer Rusia sengaja melancarkan serangan rudal terhadap pasukannya di Ukraina. Pihak berwenang Rusia menyangkal hal tersebut.

Baca juga: Rusia Lancarkan Serangan Rudal ke Kota-Kota Ukraina

Dengan meredanya ketegangan, Kremlin mengumumkan akan mengakhiri kebijakan operasi kontraterorisme yang menempatkan pasukan dan kendaraan militer di sejumlah wilayah, termasuk Moskow.

Sebelum ada mediasi dari Belarus, Putin sempat menyampaikan pidato nasional dan menyebut tindakan Grup Wagner sebagai makar dan pengkhianatan terhadap negara. Putin tidak menyebut nama Grup Wagner atau Prigozhin dalam pidatonya.

Prigozhin membantah sedang melakukan tindakan makar, dan menegaskan bahwa dirinya dan seluruh pejuang Grup Wagner merupakan patriot. (CGT/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat