visitaaponce.com

Nelayan Indonesia Selamatkan Tiga ABK Srilanka yang Terombang-ambing di Samudera Hindia

Nelayan Indonesia Selamatkan Tiga ABK Srilanka yang Terombang-ambing di Samudera Hindia
Ilustrasi ABK terombang-ambing di Samudera Hindia.(First Aid Training)

Nelayan Indonesia menyelamatkan tiga orang anak buah kapal (ABK) perikanan asal Sri Lanka yang terombang-ambing di lautan lepas Samudera Hindia. Tiga ABK Sri Lanka tersebut diselamatkan pada Jumat, (30/6).

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengatakan mereka mengapresiasi aksi penyelamatan yang dilakukan nelayan Indonesia tersebut. Aksi tersebut berhasil menyelamatkan tiga ABK Sri Lanka yang hampir hilang akibat kapal mereka karam terkena badai.

KKP pun langsung bergerak cepat melakukan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, dan Kedutaan Besar Sri Lanka di Jakarta untuk pemulangan ketiga ABK ke negaranya.

Baca juga: Kapal Berpenumpang 137 Orang Kandas di Pelabuhan Padangbai Bali

"Hari ini kami melakukan serah terima ABK yang diselamatkan oleh KM Cahaya Putra Lestari yang pada saat itu beroperasi di laut lepas," kata Direktur Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan Ditjen Perikanan Tangkap KKP Mochamad Idnillah dalam keterangan resminya, Jumat, (30/6).

Kronologi Penyelamatan

Sesuai ketentuan internasional, kapal terdekat wajib memberikan pertolongan saat mengetahui adanya kecelakaan atau menemukan kru kapal di laut. Penyelamatan yang dilakukan kru KM Cahaya Putra Lestari dinahkodai kapten Tarjoko dengan kapal yang digunakan berukuran 196 grosston.

Baca juga: Ini Fakta Kapal Selam Titan Titanic, Penumpangnya Harus Isi Pernyataan Siap Mati

Adapun ketiga ABK Srilanka yang diselamatkan masing-masing bernama Ithayarsan Chanturu, Anton Nevilstan, dan Alekkish Ajid Gihan Coors. Ia menjelaskan sebenarnya ada empat ABK, namun yang satu hanyut dan yang bisa diselamatkan hanya tiga orang.

Bersama KM Cahaya Putra Lestari, mereka tiba di PPS Nizam Zachman pada Kamis 29 Juni 2023, sedangkan diselamatkan dari lautan Samudera Hindia pada 18 Juni 2023.

Kapten Tarjoko pun menceritakan detik-detik penyelamatan terhadap tiga ABK di lautan Samudera Hindia. Pihaknya sempat mengira ketiga ABK tersebut sebagai tumpukan sampah yang memang banyak dijumpai di laut.

Begitu mengetahui tumpukan itu adalah puing-puing kapal beserta tiga krunya, tanpa pikir panjang pertolongan langsung dilakukan. Tiga ABK sudah dalam kondisi lemah karena sudah berhari-hari terombang-ambing.

Sementara itu perwakilan Kedutaan Besar Sri Lanka Captain Chaminda menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Indonesia dan kru KM Cahaya Putra Lestari. Pihaknya segera memproses dokumen perjalanan emergency untuk tiga ABK agar bisa segera dipulangkan ke Sri Lanka.

"Terima kasih untuk aksi kemanusiaan yang luar biasa atas penyelamatan tiga warga negara kami yang terombang ambing di lautan," tutupnya.

(Z-9)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat