visitaaponce.com

Pemanasan Naik 1 Derajat Celsius, Hujan Ekstrem Lebih Besar

Pemanasan Naik 1 Derajat Celsius, Hujan Ekstrem Lebih Besar
Ross Creek mengalir melalui Natalie Coffin Greene Park setelah serangkaian peristiwa sungai atmosfer yang membasahi California Utara.(AFP/Justin Sullivan.)

PEMANASAN global secara bertahap meningkatkan intensitas curah hujan ekstrem di tempat yang lebih tinggi. Ini membuat dua miliar orang yang tinggal di atau hilir pegunungan berisiko lebih besar terkena banjir dan tanah longsor. Ini dikatakan para peneliti, Rabu (28/6).

Setiap derajat celsius pemanasan meningkatkan kepadatan hujan besar sebesar 15% pada ketinggian di atas 2.000 meter. Mereka melaporkan itu dalam jurnal Nature.

Selain itu, setiap tambahan ketinggian 1.000 meter menambah 1% lagi curah hujan. Dunia dengan sekitar 3 derajat celsius lebih panas dari tingkat praindustri akan melihat kemungkinan banjir yang berpotensi menghancurkan berlipat ganda hampir setengahnya.

Baca juga: Seperti Anjing, Serigala Kenali Suara Manusia yang Familiar

Temuan itu menggarisbawahi kerentanan infrastruktur tidak dirancang untuk menahan peristiwa banjir ekstrem, penulis memperingatkan. Permukaan bumi telah menghangat 1,2 derajat celsius. Ini cukup untuk memperkuat hujan yang memecahkan rekor yang membuat sebagian besar Pakistan terendam air musim panas lalu dan sebagian California awal tahun ini.

Pada tren kebijakan saat ini, planet ini akan menghangat 2,8 derajat celsius pada akhir abad ini, menurut panel penasihat ilmu iklim IPCC PBB. Studi baru--berdasarkan data yang mencakup 70 tahun terakhir dan proyeksi model iklim--menemukan dua pendorong utama di balik peningkatan kejadian curah hujan ekstrem di ketinggian di dunia yang memanas.

Baca juga: Kutub Utara Menghangat, Karibu dan Muskoxen Perlambat Hilangnya Keanekaragaman

Yang pertama ialah lebih banyak air. Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa setiap kenaikan 1 derajat celsius meningkatkan jumlah kelembapan di atmosfer hingga tujuh persen.

Dari salju menjadi hujan 

Sejak 1950-an, hujan deras menjadi lebih sering dan intens di sebagian besar dunia. Ini menurut konsorsium World Weather Attribution (WWA) yang mengungkap dampak perubahan iklim pada peristiwa cuaca ekstrem tertentu, termasuk gelombang panas, kekeringan, dan badai tropis.

Curah hujan ekstrem lebih umum dan intens karena perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia di Eropa, sebagian besar Asia, Amerika Utara bagian tengah dan timur, dan sebagian Amerika Selatan, Afrika, dan Australia.

Faktor kedua yang diungkap peneliti lebih mengejutkan. "Ini pertama kali seseorang melihat peristiwa curah hujan yang intens itu jatuh sebagai hujan atau salju," kata penulis utama Mohammed Ombadi, seorang peneliti di Laboratorium Nasional Lawrence Berkeley di California, kepada AFP.

"Tidak seperti hujan salju, curah hujan memicu limpasan lebih cepat, menyebabkan risiko banjir, bahaya tanah longsor, dan erosi tanah yang lebih tinggi." Ombadi berspekulasi bahwa tingkat yang lebih tinggi dari salju berubah menjadi hujan yang diamati antara 2.500 dan 3.000 meter disebabkan oleh curah hujan di ketinggian itu yang terjadi tepat di bawah titik beku.

Daerah pegunungan dan dataran banjir yang berdekatan kemungkinan akan mengalami dampak terbesar dari peristiwa curah hujan ekstrrm di dalam dan sekitar pegunungan Himalaya dan Pasifik Amerika Utara, menurut penelitian tersebut. Temuan hanya terfokus pada belahan bumi utara karena kurangnya data pengamatan dari bawah khatulistiwa.

Daerah yang paling terkena dampak harus menyiapkan rencana adaptasi iklim yang kuat. "Kita perlu mempertimbangkan peningkatan curah hujan ekstrem dalam desain dan pembangunan bendungan, jalan raya, rel kereta api, dan infrastruktur lain jika kita ingin memastikannya tetap berkelanjutan dalam iklim lebih hangat," kata Ombadi.

Daerah berisiko tinggi perlu dihindari sama sekali, tambahnya, atau dibangun dengan solusi teknik yang dapat melindungi masyarakat yang tinggal di sana. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat