visitaaponce.com

Pemerintah Swedia Sebut Pembakaran Al-Quran Sebagai Islamofobia

Pemerintah Swedia Sebut Pembakaran Al-Qur'an Sebagai Islamofobia
Salwan Momika melakukan aksi demonstrasi di dekat sebuah masjid di Stockholm, Swedia(AFP/Jonathan NACKSTRAND)

PEMERINTAH Swedia, Minggu (2/7), mengecam aksi pembakaran Al-Qur-an di dekat sebuah masjid di Stockholm sebagai aksi Islamofonia setelah Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) menyerukan langkah-langkah untuk mencegah aksi serupa.

"Pemerintah Swedia sangat mengerti bahwa aksi Islamofonia yang dilakukan seorang individu yang melakukan aksi demonstrasi di Swedia bisa menyinggung warga muslim," ungkap Kementerian Luar Negeri Swedia dalam sebuah pernyataan resmi.

"Kami dengan tegas mengecam keras aksi tersebut yang sama sekali tidak mencerminkan pandangan pemerintah Swedia," lanjut kementerian tersebut.

Baca juga: OKI Serukan Langkah Kolektif Cegah Pembakaran Al-Qur'an

Kecaman dari pemerintah Swedia itu datang setelah OKI menyerukan langkah kolektif untuk mencegah aksi pembakaran Al-Qur'an di masa yang akan datang.

Organisasi beranggotakan 57 negara itu bertemu di Jeddah menanggapi aksi pembakaran Al-Qur'an oleh warga Irak yang tinggal di Swedia, Salwan Momika, 37 pada Rabu (28/6).

OKI meminta negara anggotanya untuk mengambil langkah kolektif untuk mencegah insiden ulangan pelecehan Al-Qur'an.

Baca juga: ICMI Kutuk Dan Protes Keras Aksi Pembakaran Al-Qur'an Di Swedia

"Pembakaran Al-Qur'an atau kitab suci lainnya adalah aksi pelecehan dan menghina yang jelas-jelas memprovokasi. Aksi rasisme, xenofonia, dan intileransi tidak memiliki tempat di Swedia dan di Eropa," tegas Kementerian Luar Negeri Swedia.

Namun, tambah kementerian itu, Swedia secara konstitusional melindungi hak untuk berkumpul, berekspresi, dan berdemonstrasi.

Kepolisian Swedia memberikan izin kepada Momika untuk berdemonstrasi, berdasarkan perlindungan hak berbicara. Namun, mereka kini membuka penyelidikan mengenai apakah aksinya adalah agitasi terhadap kelompok etnik tertentu karena Momika membakar Al-Qur'an di dekat masjid. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat