visitaaponce.com

Kebakaran Hutan Hebat Kanada di Luar Perkiraan

Kebakaran Hutan Hebat Kanada di Luar Perkiraan
Service Kebakaran hutan di Kanada(AFP/BC Wildfire)

JUMLAH kebakaran hutan terus meningkat di Kanada. Dilaporkan Jumat (7/7) peningkatannya menjadi lebih dari 670 titik api di tengah memasuki musim panas yang panjang beberapa pekan mendatang.

"Jumlahnya benar-benar di luar perkiraan, dengan setidaknya tiga bulan lagi musim kebakaran hutan yang aktif," kata Michael Norton dari Kementerian Sumber Daya Alam Kanada.

Sementara itu, prakiraan cuaca untuk beberapa minggu ke depan menyebut suhu di atas rata-rata di banyak bagian negara di bagian barat, dan juga di Quebec utara, wilayah yang paling parah terkena dampaknya.

Baca juga: First Nations Harap Peran Besar dalam Pengelolaan Hutan di Kanada

Dengan sembilan juta hektar yang telah terbakar, sehingga menjadi rekor tahunan absolut yang ditetapkan pada tahun 1989 telah terlampaui.

Pihak berwenang menghitung ada 677 titik api aktif di negara ini padai Jumat (7/7), 13 titik api baru ditemukan pada siang hari, termasuk 386 titik api yang terbakar di luar kendali.

Baca juga: Kanada Tangkap Dua Orang Terkait Neo-Nazi

Sekitar 155.000 orang terpaksa meninggalkan rumah mereka di beberapa titik karena kebakaran sejak awal Mei, angka tertinggi selama 40 tahun.

"Tidaklah berlebihan jika dikatakan bahwa musim kebakaran tahun 2023 adalah dan akan terus memecahkan rekor dalam beberapa hal,”sebut Norton, dia menambahkan bahwa ia memperkirakan jumlah kebakaran akan tetap berada di atas rata-rata sepanjang musim panas.

Kebakaran melanda daerah di kedua sisi negara, dan daerah-daerah yang tidak terbiasa dengan kebakaran pun terkena dampaknya.

Salah satu kebakaran hutan di Quebec utara saja menghanguskan lebih dari satu juta hektar.

"Dari evakuasi hingga kualitas udara yang buruk dan peringatan panas yang ekstrem, kita mengalami kenyataan dari dampak perubahan iklim," kata Menteri Kesehatan Jean-Yves Duclos.

Kondisi ini juga memaksa pihak berwenang untuk bergantung pada tingkat bantuan internasional yang belum pernah terjadi sebelumnya. Bantuan itu untuk mendukung 3.800 petugas pemadam kebakaran Kanada di lapangan, termasuk Angkatan Bersenjata Kanada.

"Upaya pemadaman kebakaran kini benar-benar telah menjadi upaya global," kata Norton.

Sebanyak lebih dari 3.000 petugas pemadam kebakaran internasional, berasal dari berbagai negara termasuk Selandia Baru, Chili, Kosta Rika, Meksiko, Spanyol, dan Korea Selatan sedang bekerja keras untuk mengatasi kebakaran hutan yang sangat besar ini.

Asap dari kebakaran sejauh musim ini telah mengotori udara di Kanada dan negara tetangganya, Amerika Serikat. Paparan asap mempengaruhi lebih dari 100 juta orang, terkadang mengganggu penerbangan dan memaksa pembatalan acara-acara di luar ruangan. (AFP/fer/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat