visitaaponce.com

Kompak, AS dan Israel Mulai Latihan Militer Bersama

Kompak, AS dan Israel Mulai Latihan Militer Bersama
Pesawat tempur F-35 Lightning II Angkatan Udara Israel terbang selama pertunjukan udara di Tel Aviv pada 26 April 2023.(AFP/Jack Guez.)

PASUKAN Amerika Serikat (AS) dan Israel memulai latihan militer bersama di Israel. Latihan militer kedua negara memperdalam kerja sama keamanan di tengah ketegangan dengan Iran.

Militer Israel mengatakan bahwa latihan ini akan menggabungkan sejumlah skenario, termasuk serangan strategis jarak jauh.

Komando Pusat militer AS (Centcom), yang mengawasi operasi di Timur Tengah, mengatakan bahwa latihan gabungan tersebut merupakan bagian dari rangkaian latihan yang dijuluki Juniper Oak dan menunjukkan komitmen AS terhadap pertahanan Israel.

Latihan ini dilakukan kurang dari seminggu setelah pasukan Israel menyerbu kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat dengan serangan udara dan ratusan tentara. Serangan itu menewaskan sedikitnya 12 warga Palestina.

baca juga: Parlemen Israel Adopsi Rancangan Undang-Undang Kontroversial yang Memperketat Kekuasaan Pengadilan

Namun, pernyataan Israel dan AS menunjukkan bahwa latihan tersebut difokuskan terhadap Iran. "Acara ini juga menunjukkan komitmen penuh kami terhadap keamanan Timur Tengah dan kemampuan untuk menangkal tindakan permusuhan terhadap mitra regional," kata Centcom dalam suatu pernyataan.

Militer Israel mengatakan dalam serangkaian tweet bahwa latihan ini bertujuan mencapai superioritas udara di wilayah tersebut dan pertahanan siber dalam menghadapi berbagai ancaman dan tantangan.

Baca juga: Pasukan Israel Bunuh Warga Palestina yang Tembak Tentara

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden mengkritik pemerintahan sayap kanan Israel di bawah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu atas perluasan permukiman ilegal di Tepi Barat. Washington juga mengecam meningkatnya kekerasan pemukim terhadap warga Palestina. (Aljazeera/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat