visitaaponce.com

Kim Jong Un Puas dengan Uji Coba Kedua Rudal Antarbenua ICBM

Kim Jong Un Puas dengan Uji Coba Kedua Rudal Antarbenua ICBM
Kim Jong Un bertepuk tangan saat Korut berhasil melakukan uji coba peluncuran rudal balistik antarbenua.(AFP)

PEMIMPIN Korea Utara, Kim Jong Un, bertepuk tangan dengan gembira atas keberhasilan pihaknya meluncurkan rudal balistik antarbenua (ICBM) terbarunya. Mengenakan setelan jas putih dan diapit oleh istri dan para ajudan utamanya, Kim secara pribadi mengawasi uji coba kedua ICBM Hwasong-18 yang berbahan bakar padat, pada Rabu (12/7).

"Rudal ini sebelumnya telah diuji coba oleh Korea Utara pada April lalu, terbang sejauh 1.001 kilometer dengan ketinggian maksimum 6.648 km dan jatuh ke Laut Timur atau Laut Jepang,” demikian laporan Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) pada Kamis (13/7)

"Peluncuran tersebut merupakan sebuah ledakan besar yang mengguncang seluruh planet," kata KCNA.

Baca juga: Korsel dan Jepang Berang, Korut Tembakkan Rudal Balistik Jarak Jauh

Mendapatkan situasi yang tidak stabil di semenanjung Korea, Kim juga menyerukan upaya yang lebih intens untuk meningkatkan persenjataan nuklir Korea Utara. Konfirmasi peluncuran tersebut terjadi di tengah memburuknya hubungan antara Korea Selatan dan Jepang.

Kim telah menyerukan untuk meningkatkan pengembangan senjata, sementara Seoul telah meningkatkan kerja sama keamanan dengan Amerika Serikat (AS). Seoul menggambarkan peluncuran hari Rabu sebagai provokasi besar yang merusak perdamaian dan keamanan semenanjung Korea.

Baca juga: Korea Utara Ancam Tembak Jatuh Pesawat Mata-mata AS yang Melanggar Wilayah Udara

PBB, AS, dan negara-negara lain juga mengutuk uji coba tersebut. Mereka melakukan peluncuran pada saat para pemimpin NATO mengadakan pertemuan di Eropa.

(AFP/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat