visitaaponce.com

Rudal Israel GempurWilayah Damaskus, Sejumlah Gedung Hancur

Rudal Israel Gempur Wilayah Damaskus, Sejumlah Gedung Hancur
Salah satu gedung bersejarah hancur di Distrik Saruja, Wilayah Damascus, Suriah, Selasa (18/7), akibat serangan rudal Israel.(LOUAI BESHARA / AFP)

KANTOR berita pemerintah Suriah, SANA melaporkan bahwa Israel telah melakukan serangan udara di dekat Ibu Kota Suriah, Damaskus. Serangan itu melukai dua tentara Suriah dan sejumlah gedung hancur. 

“Pada Rabu pagi bahwa pertahanan udara Suriah telah menghadapi rudal-rudal Israel yang diluncurkan pada pukul 12.25 waktu setempat (21:25 GMT) dari Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel dan menembak jatuh sebagian besar rudal-rudal tersebut,” tulis SANA.

Kantor berita SANA, mengutip sumber-sumber militer, menyebut bahwa dua tentara Suriah terluka dalam serangan rudal tersebut dan terdapat sejumlah kerugian material lainnya.

Baca juga: Serang Israel, Dua Tentara Suriah Terluka

Sebuah lembaga pemantau perang yang berbasis di Inggris, Syrian Observatory for Human Rights mengatakan bahwa serangan udara tersebut menandai ke-20 kalinya Israel menyerang target-target di Suriah sepanjang tahun ini.

Serangan-serangan tersebut menargetkan posisi-posisi militer di dekat bandara di Kota Dimas dan juga jalan raya Beirut-Damaskus di sebelah barat ibu kota, di mana para anggota elite militer Suriah ditempatkan.

Target Gudang Milik Pasukan Hizbullah Lebanon

Observatorium, yang memiliki jaringan sumber yang luas di negara yang dilanda perang tersebut, menambahkan bahwa rudal-rudal tersebut menghantam gudang-gudang milik kelompok bersenjata Hizbullah Lebanon, sekutu pemerintah Suriah, dan menyebabkan kebakaran.

Baca juga: Serangan Israel Usai, Abbas Kunjungi Kamp Pengungsi Jenin

Israel telah melakukan ratusan serangan udara ke wilayah-wilayah yang dikuasai pemerintah Suriah dalam beberapa tahun terakhir. Namun jarang sekali mengaku bertanggung jawab atas tindakan tersebut.

Serangan udara Israel yang terakhir dilaporkan terjadi pada tanggal 2 Juli, ketika militer Suriah mengatakan bahwa Israel telah menyerang daerah-daerah di dekat kota Homs, Suriah Tengah dan menyebabkan kerusakan material namun tidak ada korban jiwa.

Baca juga: Israel Lancarkan Serangan Rudal ke Suriah, Tidak Ada Korban Jiwa

Israel juga telah menyerang bandara internasional di Damaskus dan Kota Aleppo di Suriah utara beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir. Mereka seringkali membuat fasilitas-fasilitas tersebut tidak berfungsi untuk sementara waktu.

Meskipun Israel jarang mengomentari serangannya di Suriah, Israel telah berulang kali mengatakan bahwa mereka tidak akan membiarkan musuh bebuyutannya, Iran, untuk memperluas wilayahnya di Suriah. (Aljazeera/Fer/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat