visitaaponce.com

Setiap Batang Rokok di Kanada Dilabeli Peringatan Kesehatan

Setiap Batang Rokok di Kanada Dilabeli Peringatan Kesehatan
Peringatan kesehatan di bungkus rokok yang dijual di Kanada.(AFP/GEOFF ROBINS)

MULAI Selasa (1/8), setiap batang rokok yang dijual di Kanada ditulisi peringatan kesehatan yang menyatakan merokok dapat menyebabkan kanker dan impotensi serta ada racun di setiap isapan.

Langkah yang diambil Kanada itu sudah diumumkan sejak Mei kemarin dan mereka menjadi negara pertama yang menerapkannya guna memperingati para perokok tentang bahayanya untuk kesehatan mereka..

Carolyn Bennett, yang saat itu masih menjabat sebagai Menteri Kesehatan Kanada, mengatakan peringatan baru itu hampir sulit untuk tidak terlihat dan bersama gambar yang ada bungkus rokok, akan memberi informasi soal konsekuensi dari merokok.

Baca juga: Hanya Empat Negara yang Berbuat Cukup Menghentikan Kebiasaan Merokok

Pemerintah Kanada sebelumnya mengatakan bahwa anak muda cenderung memulai kebiasaan merokok setelah diberi sebatang rokok ketimbang bungkus rokok dengan peringatan kesehatan. Anak muda disebutkan menjadi kelompok yang rentan terhadap kecanduan merokok.

Pada 2000, Kanada menjadi negara pertama yang meletakkan peringatan kesehatan di bungkus rokok untuk meningkatkan kesadaran atas buruknya efek dari merokok.

Setelah dua dekade, angka perokok di negara itu turun, namun rokok tetap menjadi 'pembunuh' 48 ribu warga Kanada setiap tahunnya. 

Baca juga: TAR dalam Rokok Sebabkan Masalah Kesehatan Gusi

Pemerintah Kanada berharap bisa mengurangi jumlah perokok menjadi lima persen dari populasi, atau sekitar 2 juta orang, pada 2035. Saat ini jumlah perokok sekitar 13 persen dari populasi. (AFP/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat