visitaaponce.com

Tewaskan 67 Orang, Jaksa Agung Selidiki Kebakaran Hutan di Hawaii

Tewaskan 67 Orang, Jaksa Agung Selidiki Kebakaran Hutan di Hawaii
Jaksa Agung Hawaii, Amerika Serikat (AS) membuka penyelidikan atas tanggapan resmi terhadap kebakaran hutan yang mematikan.(AFP)

JAKSA Agung Hawaii, Amerika Serikat (AS) membuka penyelidikan atas tanggapan resmi terhadap kebakaran hutan yang mematikan. Insiden ini menewaskan 67 orang dan dapat terus bertambah.

Tim pencari menyisir reruntuhan kota Lahaina. Para pejabat Hawaii kebingungan mengetahui api menyebar begitu cepat membakar area resort.

"Departemen Kejaksaan Agung akan melakukan tinjauan komprehensif terhadap pengambilan keputusan kritis dan kebijakan tetap yang mengarah ke, selama, dan setelah kebakaran hutan di pulau Maui dan Hawaii minggu ini," kata kantor Jaksa Agung Anne Lopez dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Penduduk Kembali Menemukan Rumah-rumah Hancur akibat Kebakaran di Hawaii

Kebakaran tersebut menjadi bencana alam paling mematikan dalam sejarah Hawaii , melampaui tsunami yang menewaskan 61 orang pada 1960 setahun setelah Hawaii bergabung dengan AS.

Dipicu oleh kondisi kering, suhu panas, dan angin kencang dari badai yang lewat, setidaknya tiga kebakaran hutan meletus di Maui minggu ini, berpacu melalui semak kering yang menutupi pulau itu.

Baca juga: Ajak Bantu Korban Kebakaran di Maui

Pejabat Kabupaten Maui mengatakan dalam pernyataan daring bahwa petugas pemadam kebakaran terus memadamkan api, yang belum sepenuhnya padam. Warga Lahaina diizinkan pulang untuk pertama kalinya untuk menilai kerusakan.

Para pejabat telah memperingatkan bahwa tim pencari berbekal anjing pelacak berpotensi menemukan lebih banyak korban tewas akibat kebakaran yang membakar seribu bangunan dan menyebabkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal. Kemungkinan akan membutuhkan waktu bertahun-tahun dan miliaran dolar untuk pemulihannya.

Shihab Rattansi dari Al Jazeera, melaporkan dari Maui soal kemacetan panjang karena warga diizinkan untuk kembali sebentar pada Jumat (11/8), ke Lahaina untuk menilai kerusakan akibat kebakaran. Informasi yang dikeluarkan pihak berwenang pada Jumat melaporkan korban kebakaran telah meninggal saat mencoba melarikan diri dari kobaran api yang bergerak cepat.

“Tanda lain dari kecepatan orang yang ditangkap oleh api ini,” kata Rattansi.

Tiga hari setelah bencana, masih belum jelas beberapa warga telah menerima peringatan sebelum api melahap rumah mereka. Pulau itu memiliki sirene darurat yang dimaksudkan untuk memperingatkan bencana alam dan ancaman lainnya, tetapi tampaknya tidak terdengar selama kebakaran.

"Saya mengizinkan tinjauan komprehensif pagi ini untuk memastikan bahwa kami tahu persis apa yang terjadi dan kapan," kata Gubernur Hawaii Josh Green.

Pejabat belum memberikan gambaran rinci tentang pemberitahuan apa yang dikirim, dan apakah itu dilakukan melalui pesan teks, email atau panggilan telepon.

Kepala Pemadam Kebakaran Kabupaten Maui Bradford Ventura mengatakan pada konferensi pers hari Kamis bahwa kecepatan api membuat hampir tidak mungkin bagi petugas tanggap darurat berkomunikasi dengan pejabat manajemen darurat yang biasanya akan memberikan perintah evakuasi waktu nyata.

“Mereka pada dasarnya mengevakuasi diri sendiri dengan sedikit pemberitahuan,” katanya, mengacu pada penduduk di lingkungan tempat kebakaran pertama kali terjadi.

Kebakaran Maui adalah kebakaran hutan terbaru yang melanda musim panas ini di seluruh dunia. (Aljazeera/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat