visitaaponce.com

Putin Bertemu Para Jenderal Serangan di Ukraina

Putin Bertemu Para Jenderal Serangan di Ukraina
Presiden Rusia Vladimir Putin(AFP/Sputnik)

PEMIMPIN Rusia Vladimir Putin bertemu dengan komandan serangan Ukraina di Kota Rostov-on-Don, Rusia. Kremlin mengatakan pada Sabtu (19/8) bahwa perjalanan Putin ini jarang dilakukan di dekat zona tempur.

Pertemuan Putin dengan para petinggi militer Moskow terjadi setelah Kyiv mengklaim beberapa keberhasilan di medan perang dan setelah AS menyetujui transfer pesawat tempur F-16 Belanda dan Denmark ke Kyiv.

Moskow tidak memberikan rincian kapan pertemuan itu berlangsung, tetapi rekaman yang dirilis oleh media pemerintah mengindikasikan bahwa pertemuan itu terjadi pada malam hari.

Baca juga: Putin-Kim Jong Un Saling Bertukar Surat

"Vladimir Putin mengadakan pertemuan di markas besar kelompok operasi militer khusus di Rostov-on-Don," kata Kremlin dalam sebuah pernyataan.

"Kepala negara mendengarkan pengarahan dari Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia Valery Gerasimov, para komandan pengarah, dan perwira senior lainnya dalam kelompok tersebut,” sebutnya.

Baca juga: Warga Ukraina Dipaksa Pindah Kewarganegaraan Rusia

Sebuah video yang diterbitkan oleh kantor berita RIA Novosti menunjukkan Putin, mengenakan setelan jas, keluar dari sebuah jip dalam kegelapan dan disambut dengan jabat tangan oleh Gerasimov yang mengenakan pakaian militer.

Gerasimov terlihat mengantar Putin menyusuri koridor yang dihiasi dengan potret-potret anggota militer Rusia dan pemimpin Rusia yang sedang memimpin pertemuan dengan para kepala militer.

Rostov-on-Don merupakan sebuah kota di bagian selatan yang dekat dengan Ukraina dan telah menjadi pusat militer serta pusat operasional untuk perencanaan operasi Moskow di Ukraina.

Kota ini juga menjadi tempat pemberontakan bersenjata yang dramatis oleh tentara bayaran Wagner pada Juni lalu dan mereka sempat mengambil alih markas besar militer di Rostov, sebelum akhirnya menghentikan pemberontakannya.

Gerasimov yang ingin dilengserkan oleh Wagner jarang terlihat di depan umum sejak saat itu. Putin jarang melakukan perjalanan ke daerah-daerah yang dekat dengan serangan Rusia di Ukraina. (AFP/fer)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat