visitaaponce.com

Kebakaran Melanda Washington, 185 Bangunan Hangus

Kebakaran Melanda Washington, 185 Bangunan Hangus
Ilustrasi.(DOK MI.)

ASAP dari kebakaran memenuhi langit di daerah Spokane, negara bagian Washington, Amerika Serikat (AS). Bencana ini menghancurkan hampir 185 bangunan dan mendorong perintah evakuasi.

"Kebakaran hutan yang dipicu angin di negara bagian Washington timur menghancurkan setidaknya 185 bangunan, menutup jalan raya utama, dan menyebabkan satu orang tewas," kata juru bicara Departemen Sumber Daya Alam Isabelle Hoygaard pada Sabtu (19/8). Kebakaran dimulai tak lama setelah tengah hari pada Jumat di sisi barat Medical Lake, sekitar 24 kilometer barat Spokane, dan kemudian meluas. Itu tumbuh hampir 38 kilometer persegi pada Sabtu (19/8) pagi.

Kebakaran tetap terjadi pada Sabtu (19/8) malam. Pejabat tidak mengharapkan untuk memiliki perkiraan ukuran baru sampai Minggu pagi, kata Hoygaard.

Dia mengatakan struktur yang terbakar ialah campuran dari rumah dan bangunan luar. Evakuasi diperintahkan untuk kota saat angin meniupkan api ke selatan. "Evakuasi diperpanjang pada Sabtu malam ke tenggara kota Tyler," katanya.

Di antara mereka yang dievakuasi ialah orang tua dari anggota dewan kota Spokane, Zack Zappone. "Mereka sedang mengemudi ke Spokane ketika mendapat peringatan di ponsel mereka bahwa ada evakuasi di rumah mereka," kata Zappone pada Sabtu (19/8).

"Mereka kembali untuk mengambil anjing mereka. Ibu tiri saya mengatakan ada awan asap dan kegelapan yang sangat besar. Bara berjatuhan dari langit. Dia mengalami kesulitan bernapas," tambahnya.

Api menyapu lingkungan itu segera setelah mereka pergi, menghancurkan rumah orangtuanya dan rumah pamannya, hanya berjarak dua rumah. Zappone mengatakan orangtuanya telah tinggal di sana sejak 2003 dan baru melunasinya tahun lalu.

"Ini mengejutkan. Aku hanya tidak percaya," jelasnya.

Kobaran api membakar sisi selatan kota dan kemudian melompati Interstate 90 pada Jumat malam, memaksa ditutup, kata Hoygaard. Jalan raya utama timur-barat tetap ditutup di kedua arah pada Sabtu malam. "Api berkobar di kedua sisi jalan raya," kata departemen transportasi negara bagian Washington di laman webnya.

Ada satu kematian yang dipastikan terkait dengan kebakaran itu, kata Hoygaard. Rincian lebih lanjut tidak segera dirilis.

Staf, pasien, dan penghuni di rumah sakit negara bagian Timur, salah satu dari dua fasilitas psikiatri negara bagian dan mereka yang tinggal di pusat rehabilitasi perumahan Lakeland Village, keduanya di Medical Lake, berlindung di tempat itu pada Sabtu, kata Norah West, juru bicara Departemen Layanan Sosial dan Kesehatan.

Pengungsi dari kota diberi tempat berlindung di sekolah menengah semalam. Penyebab kebakaran itu tidak segera diketahui. 

"Pikiran saya bersama penduduk yang telah diperintahkan untuk dievakuasi saat api membesar," kata gubernur Washington Jay Inslee. "Saya juga berdoa untuk keselamatan para responden pertama yang bekerja memadamkan api. Semoga kalian semua tetap aman dan jauh dari bahaya." (the Guardian/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat