visitaaponce.com

Badai Tropis Idalia Menguat dan Ancam Kuba serta AS

Badai Tropis Idalia Menguat dan Ancam Kuba serta AS
Saat melewati ujung barat Kuba, badai tropis Idalia semakin menguat dan menyasar Florida.(AFP)

BADAI Tropis Idalia menguat saat melewati ujung barat Kuba setelah muncul di Meksiko pada Senin (28/8). Diperkirakan badai ini akan menyasar pantai Teluk Florida, Amerika Serikat (AS).

Sejumlah ahli memprediksi menilai badai ini akan menimbulkan kenaikan air laut yang mengancam keselamatan. Gubernur Florida Ron DeSantis memperingatkan badai tersebut yang kemungkinan besar akan melanda wilayahnya pada Rabu (30/8).

Badai ini juga dapat berdampak besar di sepanjang Teluk Meksiko. DeSantis menyatakan bahwa penduduk Florida harus bersiap menghadapi perintah evakuasi.

Baca juga: Topan Tropis Idalia Terbentuk Dekat Meksiko, Menuju Florida

"Gelombang badai yang mengancam jiwa dan angin berbahaya semakin mungkin terjadi di sebagian wilayah Florida," kata Pusat Badai Nasional AS (NHC) dalam laporan terkini, Senin (28/8) malam.

Presiden AS Joe Biden berbicara dengan DeSantis pada Senin (28/8) pagi dan menyetujui deklarasi darurat bagi negara bagian tersebut. Biden berjanji akan memberikan dukungan penuh untuk negara bagian tersebut.

Baca juga: Supermasi Kulit Putih AS Kian Mengerikan

"Gelombang dan peringatan badai telah dikeluarkan untuk sebagian pantai Teluk Florida ketika perairan Teluk Meksiko yang panas memicu badai tersebut," kata NHC.

Lembaga itu memperkirakan badai tertinggi akan terjadi di utara Tampa Bay, wilayah metropolitan dengan sekitar 3,2 juta penduduk. Dampak lain badai ini dapat menimbulkan genangan antara delapan hingga 12 kaki di atas permukaan tanah.

"Banjir bandang mungkin akan melanda sebagian wilayah Florida, termasuk wilayah menjulur di negara bagian itu, dan Georgia selatan hingga Rabu (30/8)," kata NHC.

Badan Manajemen Darurat Federal AS (FEMA) sudah bersiap menghadapi dampak badai tersebut, termasuk dengan mengerahkan beberapa stafnya. Pihak berwenang Kuba mengumumkan peringatan antisipasi badai ini untuk provinsi Pinar del Rio dan Artemisa serta Isla de la Juventud.

Pemerintah Kuba memerintahkan ribuan orang untuk dievakuasi menjelang kehadiran badai tersebut. Setelah melewati Kuba, Idalia akan bergerak melintasi Teluk Florida.

Gelombang panas dapat meningkatkan kekuatan badai tersebut saat mencapai Florida. Badai akan bergerak di perairan dekat dengan suhu 31 derajat celcius.

Panas adalah salah satu faktor yang memicu terjadinya badai dan intensifikasi yang cepat menjadi semakin mungkin terjadi sebelum terjadinya. Idalia akan terus menguat hingga terjadi badai besar.

Badai besar biasanya termasuk dalam Kategori 3 dan lebih tinggi dari lima tingkat skala Saffir-Simpson. Badai dengan kekuatan itu, menurut NHC, dapat menyebabkan kerusakan yang menghancurkan dan bencana besar.

Ribuan orang meninggalkan rumah

Media pemerintah Kuba mengatakan sekitar delapan ribu orang telah meninggalkan rumah untuk mengungsi di Pinar del Rio. Itu merupakan provinsi yang sama yang dilanda Badai Ian pada September lalu, yang menewaskan sedikitnya dua orang dan menyebabkan jutaan orang tanpa listrik.

Idalia sudah menerpa sebagian wilayah tenggara Meksiko dengan angin dan hujan pada Senin (28/8) pagi.

Di negara bagian Quintana Roo, rumah bagi Cancun dan resor wisata pesisir lainnya, Idalia menurunkan hujan dan meredam salah satu akhir pekan terakhir liburan musim panas.

Hujan lebat diperkirakan akan terjadi di sebagian wilayah Yucatan timur di Meksiko. Para ilmuwan telah memperingatkan bahwa badai menjadi lebih kuat seiring pemanasan dunia akibat perubahan iklim.

Pada 2022, Florida juga dilanda Badai Ian yang menewaskan hampir 150 orang dan menimbulkan kerusakan parah. Bencana ini menyapu bersih seluruh lingkungan, menyebabkan kerusakan senilai lebih dari US$100 miliar yang sejauh ini merupakan bencana cuaca termahal di dunia pada tahun ini. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat