visitaaponce.com

Kebakaran Gedung di Afrika Selatan Tewaskan 63 Orang

Kebakaran Gedung di Afrika Selatan Tewaskan 63 Orang
Gedung lima lantai yang terbakar di Johannesburg, Afrika Selatan.(AFP)

SEBANYAK 63 orang tewas dalam kebakaran yang melanda gedung lima lantai di pusat ibu kota Afrika Selatan, Johannesburg, pada Kamis (31/8). Sebanyak 43 orang lainnya terluka dengan beberapa di antaranya mengeluh sakit usai menghirup asap.

“Saat ini tercatat 63 orang meninggal dunia dan 43 orang luka-luka yang dilarikan ke berbagai fasilitas kesehatan,” kata Juru Bicara Layanan Manajemen Darurat Robert Mulaudzi, Kamis, (31/8).

Petugas pemadam kebakaran di lokasi kejadian telah memadamkan api dan operasi pencarian dan pemulihan masih berlangsung.

“Kami bergerak dari lantai ke lantai untuk melakukan pemulihan jenazah ini,” kata Mulaudzi.

Baca juga: Insiden Dua Helikopter, 6 Tentara Ukraina Tewas

Seorang reporter AFP di tempat kejadian mengatakan layanan darurat terus mengeluarkan jenazah yang hangus dari gedung. Kemudian membaringkannya di bawah selimut dan seprai di jalan di luar gedung.

“Ini benar-benar hari yang menyedihkan bagi kota Johannesburg selama 20 tahun mengabdi, saya belum pernah menemukan hal seperti ini,” kata Mulaudzi.

Baca juga: Usai Dilanda Badai Idalia, 3 Warga Florida Dilaporkan Tewas

Penyebab Belum Jelas

Belum jelas apa penyebab kebakaran yang terjadi semalam itu. Bangunan tersebut, yang telah dievakuasi, terletak di kawasan terpencil yang dulunya merupakan kawasan bisnis Afrika Selatan, dan beralih menjadi pemukiman.

Banyak orang mungkin terjebak di dalam ketika api mulai menyala, tambahnya, menunjukkan bahwa banyak orang di dalam gedung mungkin berjongkok secara ilegal.

Mobil pemadam kebakaran dan ambulans diparkir di luar gedung merah putih dengan jendela yang terbakar, yang telah ditutup oleh polisi, sementara sekelompok kecil penonton berkumpul di area tersebut.

Pendudukan ilegal terhadap gedung-gedung bekas di pusat kota tersebar luas, dan banyak yang dikatakan berada di bawah kendali sindikat kriminal yang memungut uang sewa dari penghuninya.

Pada Juni, kebakaran melanda sebuah bangunan bobrok di Johannesburg dan menewaskan dua anak di bawah sepuluh tahun yang dikurung di sebuah apartemen.

(AFP/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat