visitaaponce.com

21 Orang Tewas akibat Topan di Brasil

21 Orang Tewas akibat Topan di Brasil
Banjir di Brasil bagian selatan(AFP)

Banjir akibat topan ekstratropis telah menewaskan 21 orang tewas di Brasil bagian selatan. Peringatan hujan lebih lebat yang bisa berdampak pada 50 ribu orang pun telah diumumkan kepada publik.

Gubernur Rio Grande do Sul, Eduardo Leite, mengatakan topan itu adalah bencana cuaca terbaru dan paling mematikan yang pernah melanda wilayahnya.

“Kami sangat sedih mendengar berita bahwa ketika air surut, ada 15 mayat lagi ditemukan di kota Mucum, sehingga jumlah korban tewas menjadi 21,” ujar Leite.

Baca juga: Usai Hong Kong, Topan Saola Landa Pantai Tiongkok

Lebih dari 3.700 orang juga terpaksa meninggalkan rumah mereka akibat badai tersebut. Mereka harus mengungsi demi menghindari curah hujan tinggi, hujan es dan juga tanah longsor.

Di Mucum, sebuah kota kecil berpenduduk 5.000 orang, ratusan orang harus diselamatkan dari atap rumah mereka ketika Sungai Taquari meluap ke jalan-jalan dan permukiman.

Baca juga: 2.657 Kejadian Bencana Terjadi di Indonesia

“Masih ada orang yang hilang. Jumlah korban tewas mungkin akan bertambah. Kota Mucum yang kita tahu sudah tidak ada lagi," kata Wali Kota Mucum, Mateus Trojan.

Petugas penyelamat menggunakan helikopter untuk mencapai daerah terpencil yang terputus oleh banjir. Presiden Luiz Inacio Lula da Silva mengirimkan pesan solidaritas kepada mereka yang terkena dampak, dengan mengatakan bahwa pemerintah federal siap membantu. (AFP/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat