visitaaponce.com

Presiden Peran Korsel Krusial dalam Transisi Energi di ASEAN

Presiden: Peran Korsel Krusial dalam Transisi Energi di ASEAN
Presiden Joko Widodo(BPMI Setpres)

Presiden Joko Widodo menyebut kemitraan antara ASEAN dan Korea Selatan (Korsel) sangat penting untuk mewujudkan transisi energi di kawasan Asia Tenggara. Menurutnya, Negeri Ginseng adalah salah satu negara yang sudah sangat baik dalam pengembangan kendaraan berbahan bakar listrik.

"Bagi Indonesia, kemitraan ASEAN-Korea Selatan adalah partnership of the future dengan pilar utama transisi energi dan transformasi digital. Ketergantungan ASEAN terhadap 78% sumber energi fosil harus dikurangi," ujar Jokowi saat membuka KTT ke-24 ASEAN-Korsel di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (6/9).

Selain transisi energi, ASEAN dan Korsel memiliki peluang besar untuk memperkuat kerja sama di sektor ekonomi digital.

Baca juga: Presiden Buka KTT ke-26 ASEAN-Tiongkok

"Dalam satu dekade ke depan, ekonomi digital di ASEAN diperkirakan menyumbang US$1 triliun GDP kawasan," tuturnya.

Untuk melakukan transisi energi dan meningkatkan transformasi digital di ASEAN, investasi dan transfer teknologi dari negara-negara mitra, terutama Korsel, sangat dibutuhkan. Pasalnya dana dan teknologi yang dibutuhkan tidak sedikit sehingga dibutuhkan kolaborasi dan kemitraan untuk mewujudkannya. 

Baca juga: GBK Harus Steril Hari Ini, Polisi Siapkan Empat Jalur Alternatif

Pada forum itu, Kepala Negara juga menyinggung mengenai pentingnya menjaga stabilitas kawasan. Menurutnya, kerja sama ekonomi akan berjalan lancar jika situasi di kawasan aman dan terjaga.

"Kemitraan masa depan hanya akan bisa dicapai jika stabilitas kawasan dijaga, jika tensi dan rivalitas diturunkan, jika strategic trust dipertebal, dan jika habit of cooperation ditingkatkan. Ini merupakan tanggung jawab kita semua yang berada di kawasan Indo-Pasifik dan saya mengapresiasi dukungan Korea terhadap ASEAN-Indopasifik Forum," tandasnya. 

KTT ke-24 ASEAN-Korsel merupakan bagian dari rangkaian KTT ke-43 ASEAN di bawah keketuan Indonesia. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat