visitaaponce.com

KBRI Beijing Beri Pelayanan Keimigrasian bagi Mahasiswa Indonesia

KBRI Beijing Beri Pelayanan Keimigrasian bagi Mahasiswa Indonesia
Para mahasiswa yang tengah studi di Tiongkok mengurus pergantian dan perpanjangan paspor di KBRI Beijing, Sabtu (9/9).(Ist)

ATASE Imigrasi Beijing bersama dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Beijing telah melaksanakan pelayanan keimigrasian untuk warga  negara Indonesia yang berada di daerah Chongqing, Tiongkok. Kegiatan yang berlangsung Sabtu (9/9) ini juga dihadiri oleh sejumlah mahasiswa dari daerah itu yang membutuhkan layanan pergantian paspor.

Sebanyak 10 WNI yang berkuliah di Chongqing dari berbagai universitas telah hadir untuk melakukan pergantian paspor. Para mahasiswa itu di antaranya adalah mahasiswa dari Chongqing University dan Chongqing Medical University. Tak hanya itu, lima mahasiswa dari Chengdu juga memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan perpanjangan paspor mereka.

Mahasiswa-mahasiswa itu berasal dari Xihua University yang baru saja kembali ke Tiongkok untuk melanjutkan studi mereka. Kegiatan ini dilakukan dalam upaya mendukung mobilitas dan kebutuhan administratif para WNI di Tiongkok dan dalam rangka memberikan layanan keimigrasian yang efisien dan berkualitas.

Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Beijing, Mhd Adanan Purba, turut hadir dalam acara ini. Ia memberikan sosialisasi terkait pemilihan umum yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang. Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran WNI di wilayah Chongqing tentang pentingnya partisipasi dalam pemilu, serta mengajak mereka untuk memeriksa status pendaftaran pemilu mereka dan mendaftar jika belum terdaftar. 

Pemilu merupakan salah satu pilar demokrasi, dan partisipasi aktif dalam proses ini adalah salah satu bentuk nyata keterlibatan mahasiswa dalam pembangunan bangsa. 

"Partisipasi aktif WNI dalam pemilu adalah salah satu bentuk kontribusi penting bagi negara kita. Dengan mendukung proses demokrasi, kita turut menjaga hak-hak kita sebagai WNI di luar negeri. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh WNI di Chongqing untuk memanfaatkan kesempatan ini dan memastikan bahwa mereka telah terdaftar sebagai pemilih aktif," ujar Adanan, dalam keterangan yang diterima, Senin (11/9).

Selama kegiatan berlangsung, Kepala Atase Imigrasi berserta para petugas dari Atase Imigrasi Beijing memberikan layanan yang ramah
dan cepat kepada WNI yang membutuhkan perpanjangan atau pergantian paspor. Para petugas ini berperan penting dalam memastikan bahwa proses keimigrasian berjalan lancar dan efisien. 


Baca juga: Jokowi Ajak Italia Kembangkan Ekosistem Baterai Kendaraan Listrik


Selain itu, staf dari Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Beijing juga berperan dalam mengoordinasikan para mahasiswa
yang mengikuti pelayanan keimigrasian ini.

"Layanan ini merupakan bagian dari upaya Atase Imigrasi Beijing untuk mempermudah proses administratif bagi WNI di wilayah kerjanya. Kami memastikan para WNI yang berada di wilayah Chongqing semua terlayani," ujar Kepala Atase Imigrasi KBRI Beijing, Raden Fitri Saptaji.

Sementara itu, Kepala Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Beijing, Yudil Chatim, yang sedang melaksanakan dinas ke Malang, Indonesia, turut memberikan dukungan untuk kegiatan pelayanan bagi WNI di Chongqing.

"Dalam era globalisasi seperti saat ini, peran mahasiswa sebagai duta bangsa sangatlah penting. Dan hal ini juga menunjukkan kesadaran mereka akan tanggung jawab sebagai WNI di luar negeri mengenai ketertiban administrasi. Walau bersekolah di luar negeri, tetap
menjalankan kewajiban sebagai WNI, yang salah satunya adalah mentaati kebijakan paspor dan hukum wilayah setempat, merupakan hal yang penting dan harus selalu diingat dengan baik," kata Yudil.

Para WNI yang hadir dalam kegiatan ini sangat mengapresiasi inisiatif Atase Imigrasi Beijing dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Beijing dalam menyelenggarakan kegiatan pelayanan paspor dan sosialisasi di Chongqing. Mereka merasa bahwa pemerintah Indonesia sangat peduli terhadap kebutuhan dan hak-hak WNI yang berada di luar negeri.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Atase Imigrasi Beijing, dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Beijing atas inisiatif luar biasa ini. Acara ini memberikan kemudahan bagi kami para WNI di Chongqing terkhususnya kami para mahasiswa untuk mengurus berbagai administrasi keimigrasian, terutama dalam hal pergantian paspor dan perpanjangan paspor. Karena paspor ini merupakan dokumen penting
bagi kami yang sedang menempuh pendidikan di Tiongkok," ujar salah seorang mahasiswa Rendy Hosea. (RO/I-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat