visitaaponce.com

Delegasi Israel Lakukan Kunjungan Terbuka Pertama ke Saudi

Delegasi Israel Lakukan Kunjungan Terbuka Pertama ke Saudi
Delegasi dari Israel menghadiri sesi Komite Warisan Dunia UNESCO yang ke-45 di Istana al-Murabba di Riyadh pada 11 September 2023.(AFP/Rania Sanjar.)

DELEGASI Israel menghadiri pertemuan UNESCO di Riyadh pada Senin (11/9/2023) menandai kunjungan publik pertama negara tersebut ke Arab Saudi ketika spekulasi berkembang mengenai potensi normalisasi hubungan. Delegasi beranggotakan lima orang itu tiba pada Minggu (10/9/2023), kata seorang pejabat Israel kepada AFP, untuk menghadiri pertemuan guna memperbarui daftar situs budaya dan bersejarah warisan dunia UNESCO.

"Kami senang berada di sini. Ini langkah awal yang baik," kata pejabat tersebut, yang tidak mau disebutkan namanya mengingat sensitifnya kunjungan tersebut, dalam pertemuan tersebut. "Kami berterima kasih kepada UNESCO dan otoritas Saudi."

Tim tersebut melakukan perjalanan melalui Dubai, kata pejabat itu, karena tidak ada penerbangan langsung antara Israel dan Arab Saudi. Mereka tiba pada Minggu.

Baca juga: Tiga Dekade Upaya Perdamaian Utama Palestina-Israel

Mereka menerima visa melalui UNESCO sebagai organisasi pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan PBB. Delegasi tersebut, termasuk seorang pejabat keamanan, bergabung dalam pertemuan UNESCO pada Senin, duduk di belakang papan bertuliskan Israel di depan meja mereka.

Kunjungan tersebut, "Sangat baik, mereka memperlakukan kami dengan sangat baik," kata pejabat itu. Tulisan Israel menarik perhatian orang-orang Saudi yang bekerja pada pertemuan tersebut. Lebih dari 50 situs menjadi pesaing untuk bergabung dalam daftar warisan dunia yang didambakan.

Baca juga: Saudi Beli Saham Liga Seni Bela Diri Campuran AS

"Itu perintah Tuhan. Masalah ini lebih besar dari kami dan kami tidak bisa menolaknya," kata seorang pemuda Saudi yang bekerja di layanan dukungan, ketika ditanya tentang delegasi Israel.

Hambatan masih ada 

Meskipun kunjungan tersebut tidak memiliki signifikansi politik apa pun, kunjungan ini terjadi di saat berkembangnya rumor mengenai langkah-langkah untuk mendekatkan kedua negara. Menurut laporan, delegasi Palestina mengunjungi Riyadh pekan lalu untuk membahas langkah ke depan jika Arab Saudi dan Israel ingin meresmikan hubungan.

Arab Saudi, yang memiliki dua situs paling suci umat Islam, tidak mengakui Israel dan tidak bergabung dengan Perjanjian Abraham tahun 2020 yang ditengahi AS. Israel menjalin hubungan dengan negara-negara Teluk, Uni Emirat Arab, dan Bahrain.

Arab Saudi, yang sedang berusaha membentuk kembali dan merevitalisasi perekonomiannya yang bergantung pada minyak, melakukan sejumlah langkah diplomatik penting dalam beberapa bulan terakhir. Ini termasuk pemulihan hubungan yang mengejutkan dengan Iran, delapan tahun setelah kedua negara besar tersebut memutuskan hubungan.

Fakta bahwa kunjungan tersebut dikoordinasikan oleh UNESCO menunjukkan bahwa masih ada 'hambatan' dalam normalisasi Saudi-Israel, kata Aziz Alghashian, seorang analis Saudi dan pakar hubungan bilateral. "Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh sikap Arab Saudi yang lebih terbuka terhadap dunia, yang mencakup warga Israel, bukan akibat hubungan bilateral antara Arab Saudi dan Israel," kata Alghashian.

Para pejabat Saudi menyadari bahwa mereka tidak dapat melarang siapa pun jika mereka ingin mengubah kerajaan itu menjadi pusat bisnis dan pariwisata global di bawah agenda reformasi Visi 2030 Putra Mahkota Mohammed bin Salman, kata Alghashian. "Israel pasti akan menganggap ini sebagai langkah pertama. Padahal hal ini difasilitasi oleh UNESCO. Ini bukan karena kemampuan diplomasi atau kemenangan diplomatik mereka."

Dia membandingkan kunjungan delegasi Israel dengan kunjungan musim panas ini oleh para pemain eSports Israel untuk festival Gamers8. Saat itu mereka juga memerlukan koordinasi pihak ketiga oleh penyelenggara turnamen global. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat