visitaaponce.com

Puluhan Situs Pemerintahan Kolombia Terkena Serangan Siber

Puluhan Situs Pemerintahan Kolombia Terkena Serangan Siber
Sebuah serangan siber yang masif memengaruhi puluhan web pemerintah dan mempengaruhi negara-negara di Amerika Latin.(AFP)

Kolombia melaporkan serangan siber massif yang memengaruhi puluhan situs web pemerintah dan berdampak pada negara-negara di seluruh Amerika Latin.

Media lokal melaporkan situs penting seperti kementerian kehakiman, kesehatan, dan budaya, serta beberapa rumah sakit, telah terkena serangan ransomware.

Kantor presiden mengatakan dalam pernyataan, serangan tersebut ditujukan kepada perusahaan yang dimiliki Amerika Serikat, IFX Networks, yang menyediakan layanan hosting web untuk 17 negara di Amerika.

Baca juga: Kolombia Jadi Neraka bagi Aktivis Lingkungan

Pemerintahan Presiden Gustavo Petro telah mendirikan pos komando darurat "untuk mengevaluasi kerusakan dan mengatasi dampak insiden," yang dimulai pada hari Selasa.

Pernyataan tersebut mengatakan serangan tersebut telah memengaruhi 762 perusahaan di seluruh Amerika Latin. Media lokal melaporkan bahwa 34 entitas Kolombia telah terkena dampak, serta entitas di negara-negara seperti Argentina, Panama, dan Chili.

Baca juga: Inilah Kiat Membangun Strategi Pemasaran Global dengan Bantuan AI

"Ada sejumlah besar informasi di tangan para penjahat," yang menuntut pembayaran dalam bentuk mata uang kripto, kata penasihat digital presiden Saul Kattan kepada Noticias Caracol TV.

Serangan ransomware biasanya mengakses sistem komputer yang rentan dan mengenkripsi atau mencuri data, sebelum mengirim catatan tebusan yang menuntut pembayaran sebagai imbalan untuk mendekripsi data atau tidak merilisnya secara publik.

"Ini dapat dianggap sebagai serangan terbesar terhadap infrastruktur Kolombia dalam beberapa tahun terakhir," tulis Kattan di media sosial. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat