visitaaponce.com

PBB akan Salurkan Bantuan Rp153 Miliar ke Libia

PBB akan Salurkan Bantuan Rp153 Miliar ke Libia
Mobil hancur setelah terseret banjir di Libia.(AFP)

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengumumkan akan mengirimkan dana darurat sebesar US$10 juta atau sekitar Rp153 miliar kepada Libia. Bantuan tersebut diberikan untuk membantu negara yang baru saja dilanda banjir bandang dan menewaskan lebih dari enam ribu orang itu.

"Saya segera mengucurkan US$10 juta  dari dana darurat PBB, CERF, dan pengajuan bantuan tambahan sedang diupayakan," kata Kepala Bantuan PBB Martin Griffiths.

Ia berharap bantuan tersebut bisa menjadi penyelamat sementara bagi puluhan ribu warga Libia yang harus mengungsi karena bencana yang melanda negara mereka.

Baca juga: Korban Tewas Banjir di Libia Bisa Mencapai 20 ribu Orang

"Kami harap ini juga bisa mencegah krisis kesehatan yang diprediksi akan muncul setelah banjir mereda. Kita harus mengembalikan keadaan pada kondisi normal sehingga kekhawatiran lainnya dapat disingkirkan," kata Griffiths.

Sebanyak enam ribu orang dilaporka tewas dan ribuan lainnya masih hilang akibat banjir yang melanda Libia timur, akhir pekan lalu. Banjir tersebut disebabkan oleh hujan lebat yang melanda sejumlah wilayah, terutama di Kota Derna, Benghazi, Al-Bayda, Al-Marj dan Soussa. (Ant/Z-11)

Baca juga: PBB Catat 30 Ribu Orang Mengungsi di Derna Libia

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat