visitaaponce.com

Xi Jinping akan Bertemu Bashar Assad Jumat Sore

Xi Jinping akan Bertemu Bashar Assad Jumat Sore
Xi Jinping dan Bashar Al-Assad.(AFP.)

PRESIDEN Tiongkok Xi Jinping akan bertemu dengan Presiden Suriah Bashar Al-Assad pada Jumat (22/9/2023) sore waktu setempat. Media pemerintah Tiongkok melaporkan itu.

"Pada sore hari tanggal 22 September, Presiden Xi Jinping akan bertemu dengan Presiden Suriah Bashar Al-Assad, yang berada di Tiongkok untuk menghadiri upacara pembukaan Asian Games ke-19 di Hangzhou," kata stasiun televisi pemerintah CCTV.

Assad pada Kamis memulai perjalanan resmi pertamanya ke Tiongkok dalam hampir dua dekade ketika pemimpin Arab tersebut mencari dukungan finansial untuk membantu membangun kembali negaranya yang hancur.

Baca juga: Presiden Suriah Assad Berkunjung ke Tiongkok Cari Dukungan Finansial

Tiongkok ialah salah satu dari segelintir negara di luar Timur Tengah yang pernah dikunjungi Assad sejak dimulainya perang saudara pada 2011. Perang itu menewaskan lebih dari setengah juta orang, membuat jutaan orang mengungsi, dan merusak infrastruktur dan industri Suriah.

Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengatakan pada Kamis bahwa kunjungannya akan membawa hubungan ke tingkat baru.

Baca juga: Serangan Israel Membuat Bandara Suriah Tutup Lagi

"Tiongkok dan Suriah memiliki persahabatan yang mendalam dan tradisional," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Mao Ning dalam konferensi pers rutin.

"Kami yakin kunjungan Presiden Bashar Al-Assad akan semakin memperdalam rasa saling percaya politik dan kerja sama di berbagai bidang antara kedua negara," tambahnya. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat