visitaaponce.com

Israel Melancarkan Serangan Udara di Suriah Selatan, Dekat Damascus

Israel Melancarkan Serangan Udara di Suriah Selatan, Dekat Damascus
Tentara Israel berjaga di Dataran Tinggi Golan yang dicaplok Israel dekat perbatasan dengan Suriah pada 28 Desember 2023.(AFP)

ISRAEL melancarkan serangan udara di bagian selatan Suriah, demikian pernyataan kementerian pertahanan Suriah. Media negara melaporkan adanya serangan di dekat ibu kota Damascus.

"Dekat pukul 23:05 (20:05 GMT) hari ini, musuh Israel melancarkan serangan udara dari arah Dataran Tinggi Golan yang diduduki, menargetkan beberapa titik di wilayah selatan," demikian pernyataan kementerian pertahanan, yang melaporkan tidak ada korban.

Israel jarang memberikan komentar mengenai serangan yang ditargetkan Suriah, tetapi mereka secara berulang kali menyatakan tidak akan membiarkan Iran, yang mendukung pemerintahan Presiden Bashar al-Assad, untuk memperluas kehadirannya di negara tersebut.

Baca juga: Aksi Protes di NYC untuk Gencatan Senjata Gaza Gelar Pemakaman Tiruan

"Pertahanan udara kami sedang mengintersep target yang bersifat musuh di sekitar Damascus," kata agensi berita resmi SANA.

"Serangan Israel menargetkan wilayah sekitar ibu kota Damascus," kata televisi negara.

Baca juga: Makin Kejam Israel, Makin Kuat Hamas Melawan

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia melaporkan serangan Israel yang menargetkan posisi pertahanan udara Suriah di provinsi Sweida di bagian selatan negara tersebut, serta di dekat bandara internasional Damascus.

Serangan di dekat bandara tersebut terjadi "sehari setelah bandara kembali beroperasi," kata monitor yang berbasis di Inggris dengan jaringan di Suriah.

Bandara internasional Damascus sudah tidak beroperasi sejak serangan udara Israel menargetkannya pada akhir November, hanya beberapa jam setelah penerbangan kembali normal setelah serangan serupa bulan sebelumnya.

Bandara tersebut tidak mengalami kerusakan dalam serangan terbaru, kata kepala Observatorium Rami Abdel Rahman kepada AFP.

Israel telah melancarkan ratusan serangan udara ke tetangganya di utara sejak perang sipil Suriah dimulai pada tahun 2011, terutama menargetkan pasukan yang didukung Iran, termasuk pejuang Hezbollah Lebanon serta posisi pasukan Suriah.

Namun, serangan tersebut telah meningkat sejak perang antara Israel dan Hamas dimulai pada 7 Oktober, seiring meningkatnya ketegangan di seluruh Timur Tengah. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat