visitaaponce.com

Aksi Protes di NYC untuk Gencatan Senjata Gaza Gelar Pemakaman Tiruan

Aksi Protes di NYC untuk Gencatan Senjata Gaza Gelar Pemakaman Tiruan
Ratusan demonstran pro-Palestina menggelar unjuk rasa di jalan-jalan New York dengan mengadakan pemakaman tiruan.(AFP)

RATUSAN demonstran pro-Palestina turun ke jalan-jalan New York, Kamis, menggelar pemakaman tiruan dalam unjuk rasa menentang serangan bombardir berat Israel terhadap Jalur Gaza.

Dengan membawa spanduk menuntut gencatan senjata segera, para aktivis berkumpul di Bryant Park, Manhattan. Beberapa di antaranya sejenak berdiri di tengah Sixth Avenue yang ramai di pusat distrik Midtown New York.

Beberapa perempuan yang berkabung menggendong boneka bayi yang dibalut kain putih untuk merepresentasikan dampak pertempuran pada anak-anak di wilayah pesisir tersebut. Prosesi pemakaman tiruan menuju Times Square, ikon New York, di mana protes berlanjut dengan iklan elektronik raksasa sebagai latar belakangnya.

Baca juga: Sandera Perempuan Tertua Tewas Ketika Israel Mengebom Gaza

"Aksi hari ini bertujuan untuk menarik perhatian pada kenyataan, hingga saat ini, hampir 10.000 anak, hanya anak-anak, tanpa menghitung semua orang, tanpa menghitung semua warga Palestina, telah tewas... di Gaza," kata arsiparis Grace Lile, 64.

Perang yang dimulai dengan serangan Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel telah menghancurkan sebagian besar utara Gaza, dan bombardir serta pertempuran telah meningkat terutama di kota selatan Khan Yunis.

Baca juga: PBB Desak Israel Akhiri Pembunuhan di Luar Hukum di Tepi Barat

Israel telah bersumpah untuk menghancurkan Hamas sebagai pembalasan atas serangan pada 7 Oktober, yang menewaskan sekitar 1.140 orang, sebagian besar warga sipil, menurut hitungan AFP berdasarkan data Israel.

Serangan bombardir udara dan invasi darat Israel yang tanpa henti telah menewaskan setidaknya 21.320 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan Gaza yang dikelola Hamas.

New York City telah menyaksikan puluhan protes sejak serangan pada 7 Oktober dan respons militer Israel, dengan pendukung pro-Palestina dan pro-Israel berdemonstrasi di jalanan. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat