visitaaponce.com

PBB Desak Israel Akhiri Pembunuhan di Luar Hukum di Tepi Barat

PBB Desak Israel Akhiri Pembunuhan di Luar Hukum di Tepi Barat
Para pelayat membawa jenazah Hazem Qatawi, 23, yang terbunuh dalam serangan semalam oleh pasukan Israel di Ramallah.(AFP/Zain Jaafar.)

PERSERIKATAN Bangsa-Bangsa (PBB) pada Kamis (28/12) mengatakan situasi hak asasi manusia di Tepi Barat yang diduduki memburuk dengan cepat. Karenanya, PBB mendesak Israel mengakhiri pembunuhan di luar hukum terhadap penduduk Palestina.

Laporan yang dirilis pada Kamis menuntut diakhirinya segera penggunaan senjata dan sarana militer selama operasi penegakan hukum, diakhirinya penahanan sewenang-wenang dan perlakuan buruk terhadap warga Palestina, serta pencabutan pembatasan pergerakan yang diskriminatif. "Penggunaan taktik dan senjata militer dalam konteks penegakan hukum, penggunaan kekuatan yang tidak perlu atau tidak proporsional, dan penegakan pembatasan pergerakan yang luas, sewenang-wenang dan diskriminatif yang berdampak pada warga Palestina sangatlah meresahkan," kata kepala hak asasi manusia PBB Volker Turk dalam suatu pernyataan.

"Intensitas kekerasan dan penindasan ialah sesuatu yang belum pernah terlihat selama bertahun-tahun." Laporan tersebut mengamati situasi hak asasi manusia di Tepi Barat yang diduduki dan mencaplok Yerusalem Timur sejak 7 Oktober.

Baca juga: Tentara Israel Serbu Ramallah dan Kota-Kota Tepi Barat

Perang Gaza paling berdarah yang pernah terjadi meletus ketika Hamas menyerang Israel selatan pada 7 Oktober dan menewaskan sekitar 1.140 orang, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka-angka Israel. Mereka menyandera 250 orang, 129 di antaranya masih berada di Gaza, menurut para pejabat Israel, dalam serangan terburuk dalam sejarah negara itu.

Israel melancarkan pemboman udara besar-besaran dan pengepungan yang diikuti dengan invasi darat. Kampanye tersebut telah menewaskan sedikitnya 21.110 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan Gaza yang dikelola Hamas.

Kematian didokumentasikan 

Laporan tersebut, yang ditinjau secara rinci pada 7 Oktober hingga 20 November, mendokumentasikan peningkatan tajam dalam serangan udara serta serangan ke kamp-kamp pengungsi dan daerah padat penduduk lain yang mengakibatkan, "Kematian, cedera, dan kerusakan parah," pada infrastruktur sipil. Dalam minggu-minggu setelah 7 Oktober, laporan tersebut mendokumentasikan, "Peningkatan tajam serangan pemukim," termasuk, "Penembakan, pembakaran rumah dan kendaraan, dan penebangan pohon."

Baca juga: Tentara Israel Tangkap Anggota Parlemen Senior Palestina Khalida Jarrar

Turki meminta Israel mengakhiri, "Kekerasan pemukim terhadap penduduk Palestina, untuk menyelidiki semua insiden kekerasan yang dilakukan oleh pemukim dan pasukan keamanan Israel, memastikan perlindungan yang efektif terhadap komunitas Palestina terhadap segala bentuk pemindahan paksa, dan memastikan kemampuan komunitas penggembala yang terpaksa mengungsi terhadap serangan berulang-ulang oleh pemukim bersenjata untuk kembali ke tanah mereka."

Kantor Hak Asasi Manusia PBB mengatakan telah memverifikasi kematian 300 warga Palestina dari 7 Oktober hingga 27 Desember di Tepi Barat yang diduduki dan mencaplok Jerusalem Timur. Korban tewas termasuk 79 anak-anak.

Dari 300 kematian tersebut, "Pasukan keamanan Israel membunuh sedikitnya 291 warga Palestina, 8 pemukim membunuh, dan 1 warga Palestina dibunuh baik oleh Pasukan keamanan Israel atau pemukim."

Baca juga: Desa Kristen Tepi Barat Palestina Berdoa untuk Perdamaian Gaza

Kantor hak asasi manusia mengatakan bahwa sebelum 7 Oktober, 200 warga Palestina telah terbunuh di wilayah tersebut pada 2023. Ini menurut mereka merupakan jumlah tertinggi dalam periode 10 bulan sejak PBB mulai mencatat pada 2005.

Turk mendesak Israel untuk memberikan akses pihaknya ke Israel. Pihaknya pun siap melaporkan serangan 7 Oktober dengan cara yang sama. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat