visitaaponce.com

Dunia tidak Bisa Abai terhadap Situasi di Myanmar, Palestina, dan Afghanistan

Dunia tidak Bisa Abai terhadap Situasi di Myanmar, Palestina, dan Afghanistan
Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi menyampaikan pidato di sidang Majelis Umum PBB, Sabtu (23/9).(AFP/KENA BETANCUR)

MENTERI Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa dunia tidak bisa abai dan menutup mata terhadap penderitaan rakyat Myanmar, Palestina, hingga Afghanistan, terutama soal anak dan perempuan.

"Sudah terlalu lama kita membiarkan saudara dan saudari kita di Palestina dan Afghanistan menderita. Indonesia tidak akan mundur sedikit pun untuk perjuangan mereka,” kata Retno dalam pidatonya di depan Majelis Umum PBB, Kamis (23/9) di New York, Amerika Serikat (AS).

Retno mendesak seluruh pihak untuk dapat menjunjung tinggi hukum internasional, khususnya prinsip utama kedaulatan dan integritas wilayah dan memastikan semua perbedaan diselesaikan di atas meja perundingan, bukan di medan perang.

Baca juga: PBB Ingatkan Daur Ulang Plastik tidak Cukup Tekan Pencemaran

“Dunia yang damai, stabil, dan sejahtera adalah hak dan tanggung jawab kolektif seluruh negara, baik negara besar atau kecil, di utara atau selatan, negara maju atau negara berkembang,” sebutnya.

Retno menegaskan Indonesia akan melakukan yang terbaik untuk membantu rakyat Afghanistan dan memastikan hak-hak perempuan dan anak perempuan dihormati, termasuk hak-hak mereka atas pendidikan.

Baca juga: Netanyahu Abaikan Isu Palestina dalam Kesepakatan Arab-Israel

Terkait isu Myanmar, Retno juga menyampaikan bahwa ASEAN akan terus mendesak junta militer Myanmar untuk mengimplementasikan Five-Point Consensus. “ASEAN akan melakukan segala upaya untuk memastikan rakyat Myanmar tidak sendirian,” tegas Retno.

Di akhir pidatonya, Retno kembali menandaskan perlunya reformasi sistem multilateral yang ada saat ini dan mengajak negara-negara untuk menerjemahkan komitmen mereka ke dalam aksi nyata. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat