visitaaponce.com

MER-C Berangkatkan Tim Relawan Medis ke Gaza, Dipimpin Faried Thalib

MER-C Berangkatkan Tim Relawan Medis ke Gaza, Dipimpin Faried Thalib
Ketua Presidium MER-C Sarbini Abdul Murad (kiri), Presidium MER-C Henry Hidayatullah (tengah) dan Presidium MER-C Faried Thalib.(Dok MER-C)

ORGANISASI sosial kemanusiaan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) segera memberangkatkan tim relawan medis dan bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza, Palestina, yang tengah porak poranda akibat serangan membabi buta Israel.

Saat ini, Rumah Sakit Indonesia di Gaza kesulitan melakukan pengobatan karena dokter makin kelelahan dan persediaan obat makin menipis akibat banyaknya korban yang datang ke rumah sakit itu.
  
"MER-C memandang perlu mengirimkan tim bedah dan tim bantuan kemanusiaan ke Gaza, Palestina," kata Ketua Presidium MER-C Indonesia Sarbini Abdul Murad, dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (10/10).

Baca juga : MER-C: RS Indonesia di Gaza Alami Krisis Obat, Nakes dan Peralatan Medis

Sarbini menyebutkan MER-C akan berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri Indonesia dan KBRI Kairo untuk memfasilitasi keberangkatan tim medis dan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza.
  
"Tim ini akan dipimpin oleh orang yang sangat berpengalaman, yang sering ke Gaza, yaitu Ir Faried Thalib," kata Sarbini.

Baca juga : PBNU Serukan Shalat Gaib untuk Korban Perang Palestina-Israel

Faried Thalib mengungkapkan tim relawan medis dari Indonesia
berjumlah lima orang terdiri dari dokter bedah, dokter ortopedi, dokter anestesi, dan dua orang lagi adalah insinyur dan pembantu insinyur untuk tetap berada di Gaza.
  
Faried menjelaskan bahwa MER-C berencana membangun poli spesialis di samping RS Indonesia, namun prioritas utama saat ini adalah membantu korban.

MER-C memutuskan meminta relawan agar tetap di Gaza untuk membantu korban, dengan catatan relawan itu harus bisa menjaga diri dan tidak melakukan hal-hal yang mencelakakan diri sendiri.
  
"Para relawan akan tinggal di RS Indonesia dan memprioritaskan diri membantu para korban di Gaza," kata Sarbini lagi.

45 WNI di Palestina

Kementerian Luar Negeri Indonesia pada Senin mengimbau WNI di Palestina dan Israel meningkatkan kewaspadaan dan terus menjalin komunikasi dengan perwakilan RI.
  
Berdasarkan data terbaru, 45 WNI berada di Palestina yang 10 orang di antaranya berada di Gaza dan lainnya di Tepi Barat.
  
Selain itu, ada 230 WNI yang sedang wisata religi di berbagai titik di Israel dan hingga kini tidak ada laporan WNI menjadi korban.

Sabtu (7/10), pekan lalu Brigade Al-Qassam, yang merupakan sayap bersenjata kelompok Hamas melancarkan serangan roket ke wilayah, bandara, dan instalasi militer Israel.
  
Pada hari yang sama, Kabinet Keamanan Israel menggelar pertemuan dan memutuskan tujuan serangan balasan Israel adalah menghancurkan kemampuan militer dan pemerintahan Hamas.

RS Indonesia jadi garda terdepan

Dalam menyikapi krisis kemanusiaan ini, MER-C Indonesia menyerukan agar segera menghentikan perang untuk menghindari korban berjatuhan yang lebih banyak lagi dan memberikan kesempatan untuk menolong para korban perang.

Saat ini, RS Indonesia sumbangan dari rakyat Indonesia untuk rakyat Palestina saat ini menjadi garda terdepan dalam memberikan bantuan bagi korban perang, khususnya di Jalur Gaza bagian Utara. 

RS Indonesia yang berjarak sekitar 2,5 km dari perbatasan Israel menerima jumlah korban yang begitu luar biasa. Jika hal ini terus berlanjut, maka stok obat-obatan akan menipis dan tenaga medis akan mengalami kelelahan. 

Sampai dengan Senin (9/10) siang, RS Indonesia yang berkapasitas 230 tempat tidur tidak dapat menampung korban jiwa akibat serangan Israel. Kamar mayat penuh dan jasad-jasad yang terus berdatangan harus diletakkan di bagian luar bangunan rumah sakit.

Relawan MER-C Indonesia yang masih berada di Jalur Gaza berjumlah tiga orang, yakni Reza Aldilla Kurniawan, Fikri Rofiul Haq dan Farid Zanzabil.

Ketiganya akan tetap tinggal di Jalur Gaza untuk bisa memberikan pertolongan-pertolongan darurat dalam kondisi yang sangat krusial seperti sekarang ini. Hal ini dikarenakan mereka bukan hanya relawan MER-C, namun merupakan perwakilan rakyat Indonesia di Palestina untuk membantu apa yang dibutuhkan oleh rakyat Palestina.

"Apabila kondisi semakin genting, kami telah mempersiapkan contingency planning untuk dilakukan oleh relawan MER-C di Jalur Gaza," tegas MER-C. (Ant/Z-4)
  

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat