visitaaponce.com

Blinken Israel Siap Buka Koridor Kemanusiaan di Gaza, Palestina

Blinken : Israel Siap Buka Koridor Kemanusiaan di Gaza, Palestina
Melu AS Antony Blinken menjelaskan Israel telah berkenan membuka koridor kemanusiaan di Jalur Gaza, Palestina.(AFP)

MENTERI Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken menjelaskan Israel telah berkenan membuka koridor kemanusiaan di Jalur Gaza, Palestina. Hal itu ia ungkapkan di Yerusalem Barat, setelah pertemuan bertemu berjam-jam dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Pernyataan Blinken tersebut disinyalir usai menjelaskan Presiden Joe Biden akan mengunjungi Israel pada Rabu (18/10). Biden telah mendesak Israel supaya membuka jalur bantuan untuk masyarakat Gaza.

Terpisah, Rusia mengecam Dewan Keamanan PBB yang menolak resolusi konflik Israel-Palestina. Moskow menilai sikap itu pertanda bahwa Dewan Keamanan PBB tersandera negara-negara Barat.

Baca juga: Uni Eropa akan Kirimkan Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

Dia menambahkan penolakan terhadap rancangan resolusi yang dibuat Rusia, menunjukkan negara mana yang mendukung dan tidak atas gencatan senjata di Gaza dan pengiriman bantuan kemanusiaan.

Dewan Keamanan PBB menolak resolusi Rusia yang menyerukan gencatan senjata karena gagal mengumpulkan minimal sembilan suara. AS memimpin penolakan resolusi itu karena dinilai kurang mencerminkan kritik terhadap Hamas.

Baca juga: Spanyol Tuntut Israel Diseret ke ICC Atas Kejahatan Perang

Rancangan tersebut menyerukan gencatan senjata kemanusiaan antara Israel dan Hamas serta pembebasan tawanan yang ditahan di Gaza dan evakuasi warga sipil yang aman.

AS menuduh Rusia memberikan perlindungan kepada Hamas setelah kelompok itu tidak disebutkan dalam resolusi tersebut. AS terus mendesak Israel untuk meminimalkan risiko jatuhnya korban sipil. (Aljazeera/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat