visitaaponce.com

Uni Eropa akan Kirimkan Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

Uni Eropa akan Kirimkan Bantuan Kemanusiaan ke Gaza
Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen(AFP/Adnan Beci)

UNI Eropa akan mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Gaza melalui Mesir dengan penerbangan pertama akan diberangkatkan pada pekan ini. Hal itu diungkapkan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, Senin (16/10).

"Warga Palestina di Gaza membutuhkan bantuan kemanusiaan. Itulah mengapa Uni Eropa akan mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Gaza melalui Mesir. Penerbangan yang pertama akan dimulai pada pekan ini," ungkap Von der Leyen dalam konferensi pers di Tirana.

Operasi kemanusiaan itu akan mencakup sejumlah penerbangan ke Mesir yang membawa bantuan yang dibutuhkan organisasi kemanusiaan yang ada di Gaza.

Baca juga: Spanyol Tuntut Israel Diseret ke ICC Atas Kejahatan Perang

Penerbangan pertama dari dua yang direncanakan itu akan membawa kargo kemanusiaan dari UNICEF yang mencakup tenda, obat-obatan, dan alat-alat kebersihan.

Sebelumnya, Senin (16/10) pagi, Menteri Luar Negeri Mesir dan Prancis mendesak segera dikirimkannya bantuan kemanusiaan dan agar warga asing di Jalur Gaza segera hengkang saat perang antara Israel dan Hamas memasuki hari kesepuluh.

Israel telah menyatakan perang terhadap Hamas sejak kelompok militan itu melancarkan serangan ke wilayah 'Negeri Zionis' itu pada 7 Oktober.

Baca juga: Mesir Sebut Tindakan Israel di Gaza Sudah Melampaui Prinsip Membela Diri

Serangan itu menewaskan lebih dari 1.400 warga di Israel, mayoritas warga sipil.

Israel telah bersumpah untuk menghancurkan Hamas dan melancarkan serangan udara ke Gaza yang telah menewaskan sekitar 2.750 orang. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat