visitaaponce.com

Diplomat Tiongkok ke Washington Buka Potensi Kedatangan Xi Jinping

Diplomat Tiongkok ke Washington Buka Potensi Kedatangan Xi Jinping
Menteri Luar Negeri Wang Yi berkunjung ke Amerika membahas berbagai masalah antara kedua negara itu.(AFP)

DIPLOMAT tertinggi Tiongkok akan melakukan kunjungan ke Washington, Amerika Serikat, pekan ini untuk membuka potensi kedatangan Presiden Xi Jinping guna menjaga ketegangan tetap terkendali.

Menteri Luar Negeri Wang Yi, pejabat Tiongkok dengan pangkat tertinggi di ibu kota AS dalam hampir lima tahun terakhir, akan berkunjung dari Kamis hingga Sabtu dengan latar belakang gesekan atas perdagangan, Ukraina, Timur Tengah, Taiwan, dan tindakan tegas Tiongkok di laut dekat Filipina.

Seorang pejabat senior AS mengatakan kunjungan itu merupakan bagian dari upaya antara dua ekonomi terbesar di dunia untuk mengelola persaingan kami secara bertanggung jawab.

Baca juga: Filipina dan Tiongkok Saling Menyalahkan, Usai Kedua Kapalnya Bertabrakan di LCS

“Kami terus percaya bahwa diplomasi tatap muka langsung adalah cara terbaik untuk mengangkat isu-isu menantang, menangani kesalahpahaman dan kesalahan komunikasi, dan menjelajahi kerja sama dengan Tiongkok di mana kepentingan kami bersinggungan,” kata pejabat itu dengan syarat anonim seperti biasa.

Wang akan membalas kunjungan pada Juni ke Beijing oleh Menteri Luar Negeri Antony Blinken, yang merupakan pejabat AS dengan pangkat tertinggi yang melakukan perjalanan ke Tiongkok sejak 2018.

Baca juga: Israel Ingin Hancurkan Hamas, Masa Depan Gaza tidak Jelas

Blinken berbincang selama 11 jam dengan pimpinan tertinggi Tiongkok termasuk Xi. Para diplomat mengatakan Wang akan mengharapkan pertemuan serupa dengan Presiden Joe Biden, yang berada di Washington minggu ini.

Biden, yang terakhir kali bertemu Xi pada November lalu di sela-sela pembicaraan Kelompok 20 di Bali, telah mengundang pemimpin Tiongkok untuk melakukan perjalanan bulan depan ke San Francisco di mana Amerika Serikat akan menjadi tuan rumah KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC).

Ditanya apakah kunjungan Wang akan menetapkan kunjungan oleh Xi, pejabat AS lainnya mengatakan Biden “telah menyatakan beberapa kali bahwa ia berharap dapat bertemu Presiden Xi dalam waktu dekat” dan menolak memberikan komentar lebih lanjut.

Kedua belah pihak telah menyatakan minat dalam beberapa bulan terakhir untuk menghindari konflik. Xi, pada awal bulan ini menerima Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer, mengatakan hubungan AS-Tiongkok akan menentukan masa depan dan takdir umat manusia.

Namun ketegangan telah berulang kali meningkat termasuk setelah Tiongkok melakukan latihan militer besar-besaran dekat Taiwan, demokrasi yang didukung AS yang diklaim oleh Beijing, menyusul tindakan para anggota parlemen AS.

Filipina, sekutu AS, pada Senin menuduh Tiongkok sengaja menabrak perahunya dalam misi pengisian ulang di perairan yang dipersengketakan, membuat Beijing menuduh Manila “informasi palsu.”

Penasehat keamanan nasional Biden, Jake Sullivan, pada Senin menelepon rekan sejawatnya di Filipina untuk menyuarakan dukungan setelah tindakan Tiongkok  yang “berbahaya dan melanggar hukum.” Sullivan juga akan bertemu Wang di Washington, kata pejabat. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat