visitaaponce.com

Yordania akan Panggil Pulang Dubes di Israel Akibat Perang di Jalur Gaza

Yordania akan Panggil Pulang Dubes di Israel Akibat Perang di Jalur Gaza
Aksi demonstrasi pro-Palestina di Amman, Yordania(AFP/Khalil MAZRAAWI)

YORDANIA, Rabu (1/11), mengatakan akan memanggil pulang duta besar mereka di Israel sebagai protes atas gempuran 'Negeri Zionis' itu ke Jalur Gaza sebagai balasan serangan Hamas pada 7 Oktober lalu.

"Menteri Luar Negeri Ayman Safadi memutuskan untuk segera memanggil duta besar Yordania untuk Israel," ujar Kementerian Luar Negeri Yordania dalam sebuah pernyataan resmi yang mengecam aksi Israel yang menewaskan warga sipil di Gaza dan menyebabkan bencana kemanusiaan.

Kini, konflik yang dimulai setelah militan Hamas menyeberangi perbatasan ke Israel dan menewaskan 1.400 orang telah memasuki hari ke-26.

Baca juga: Indonesia Kirim Bantuan ke Gaza Akhir Pekan Ini

Balasan Israel atas atas serangan Hamas itu dilakukan dengan melancarkan serangan udara ke Jalur Gaza yanag telah menewaskan 8.796 orang termasuk 3.648 anak-anak.

Terakhir kali Yordania memanggil pulang duta besar mereka di Israel adalah pada 2019.

Saat Israel memulai serangan darat ke Jalur Gaza, Jumat (27/10), Safadi mengatakan hal itu akan menyebabkan bencana kemanusiaan dengan tingkat yang luar biasa selama bertahun-tahun ke depan.

Baca juga: Joe Biden Janji Perangi Islamofobia Dampak Perang Israel-Hamas

Pada 1994, Yordania menjadi negara Arab kedua yang berdamai dengan Israel setelah mesir pada 1979. Populasi Yordania mencakup lebih dari 2 juta pengungsi Palestina. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat