visitaaponce.com

Proses Evakuasi WNI di Gaza Menuju Mesir Masih Terhambat

Proses Evakuasi WNI di Gaza Menuju Mesir Masih Terhambat
Mobil pembawa warga Gaza dan WN asing melintas di pintu perbatasan Rafah menuju Mesir.(AFP)

KOMUNIKASI intensif terus dilakukan pemerintah Indonesia dengan sejujurnya pihak untuk mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Gaza. Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kemenlu RI Judha Nugraha mengatakan hingga Kamis, (2/11) para WNI di jalur Gaza Palestina belum dapat dievakuasi ke Mesir.

“Komunikasi dengan para WNI terus dilakukan dan kondisi mereka selamat di lokasi masing-masing,” ucapnya dalam pernyataan resmi, Kamis (2/11).

Ia mengatakan, saat ini pintu perbatasan Mesir-Palestina di Rafah secara terbatas sudah dibuka. Namun ketujuh WNI yang akan dievakuasi masih terjebak dalam situasi tidak kondusif di Gaza.

Baca juga: Rumah Sakit Indonesia di Gaza Berhenti Beroperasi

"Kendala saat ini adalah lokasi tempat tinggal para WNI masih terjadi pertempuran, sehingga evakuasi aman belum bisa dilakukan,” ungkap Judha.

Ia menambahkan, tim KBRI Kairo sudah siaga di Perbatasan Rafah sejak Rabu (2/11). Sebanyak 10 WNI berada di Gaza saat ini. Mereka terdiri dari tiga relawan MER-C, dan dua keluarga WNI.

Baca juga: Israel Hancurkan 52 Masjid di Gaza

“Negara tugasnya menyiapkan dan menyediakan fasilitas tersebut, namun pilihan kembali kepada pribadi masing-masing,” ujarnya.

Hanya tujuh yang akan dievakuasi. Judha mengatakan, ketiga relawan tersebut memutuskan untuk tetap tinggal di Gaza. Judha menjelaskan, untuk keluarga WNI, mereka berada di Gaza City dan di Gaza Selatan.

“Ketiganya memang memilih tetap tinggal menjalankan tugas kemanusiaan di RS Indonesia dan kita menghargai pilihan tersebut,” pungkas Judha.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat