visitaaponce.com

DK PBB Kembali Gagal Lahirkan Resolusi untuk Gaza, Apa Masalahnya

DK PBB Kembali Gagal Lahirkan Resolusi untuk Gaza, Apa Masalahnya?
DK PBB gagal hadirkan resolusi untuk Gaza(AFP)

SEJUMLAH pertemuan telah digelar Dewan Keamanan PBB untuk menghentikan kebiadaban Israel di Gaza. Namun upaya ini kembali gagal menyepakati resolusi seperti yang terjadi pada Senin (6/11) malam.

Badan beranggotakan 15 orang tersebut terus berusaha menyetujui resolusi perang antara Israel dan Hamas. Itu setelah gagal mengambil tindakan sebanyak empat kali dalam dua minggu terakhir.

Hambatan utamanya karena terdapat dua pilihan, menyerukan gencatan senjata atau jeda kemanusiaan untuk memungkinkan akses bantuan di Gaza. Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB Robert Wood mengatakan "Jelas ada kekhawatiran tentang apa yang akan terjadi keesokan harinya, tapi kami tidak yakin tidak pada saat itu."

Baca juga: Ribuan Perempuan Gaza Hamil di Tengah Serangan Israel

Terpisah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan Israel akan mempertimbangkan jeda taktis dalam pertempuran di Gaza untuk memfasilitasi masuknya bantuan kemanusiaan atau memungkinkan keluarnya sandera yang ditahan oleh militan Hamas.

Sebelumnya, Netanyahu menegaskan tidak akan ada gencatan senjata di Gaza sampai para sandera dibebaskan oleh Hamas. "Tidak akan ada gencatan senjata –gencatan senjata umum di Gaza, tanpa pembebasan sandera kami,” katanya dalam wawancara televisi dengan ABC News.

Baca juga: 4.104 Anak Palestina Jadi Korban Kekejaman Israel

Netanyahu juga mengatakan Israel akan mengambil tanggung jawab keamanan keseluruhan di Gaza setelah perang. “Israel, untuk jangka waktu yang tidak ditentukan, akan memikul tanggung jawab keamanan secara keseluruhan. Ketika kita tidak mempunyai tanggung jawab keamanan, yang kita alami adalah meletusnya teror Hamas dalam skala yang tidak dapat kita bayangkan," pungkasnya. (France24/Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat