visitaaponce.com

Qatar Rundingkan Pembebasan 10-15 Sandera untuk Gencatan Senjata Gaza

Qatar Rundingkan Pembebasan 10-15 Sandera untuk Gencatan Senjata Gaza
Pertempuran tentara Israel terjadi di posisi dekat pagar kawat berduri di sepanjang perbatasan dengan Jalur Gaza dan Israel selatan.(AFP/Ronaldo Schemidt.)

QATAR memediasi perundingan antara Israel dan Hamas mengenai kemungkinan pembebasan 10-15 sandera yang ditahan di Gaza. Ini sebagai imbalan atas gencatan senjata yang singkat. Seorang sumber yang mengetahui perundingan tersebut mengatakan kepada AFP, Rabu (8/11).

"Negosiasi yang dimediasi oleh Qatar dalam koordinasi dengan AS sedang berlangsung untuk menjamin pembebasan 10-15 sandera dengan imbalan gencatan senjata satu hingga dua hari," kata sumber informasi tersebut yang berbicara tanpa menyebut nama karena pembicaraan tersebut sensitif.

Baca juga: Israel tidak Ikuti Konferensi Bantuan Paris untuk Gaza

Qatar telah terlibat dalam diplomasi yang intens untuk menjamin pembebasan mereka yang ditahan oleh Hamas. Negara itu merundingkan penyerahan empat sandera--dua warga Israel dan dua warga Amerika-- dalam beberapa pekan terakhir.

Emirat Teluk yang kaya ini telah menjadi pendukung kuat perjuangan Palestina dan memiliki saluran komunikasi terbuka dengan Hamas, penguasa Islam di Gaza. 

Baca juga: Pakar PBB: Penghancuran Besar-besaran di Gaza Tergolong Kejahatan Perang

Qatar, yang menjadi tuan rumah pangkalan militer AS terbesar di Timur Tengah, juga menjadi tuan rumah kantor politik Hamas dan merupakan kediaman utama pemimpinnya yang mengasingkan diri, Ismail Haniyeh. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat