visitaaponce.com

Jerman Gandakan Bantuan Militer Tahun 2024 Ke Ukraina

Jerman Gandakan Bantuan Militer Tahun 2024 Ke Ukraina
Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius(AFP)

MENTERI Pertahanan Jerman mengumumkan Berlin akan menggandakan bantuan militernya pada 2024 untuk Ukraina yang dilanda perang, yang sedang berjuang untuk mengusir pasukan pendudukan Rusia, menjadi 8 miliar euro (US$8,5 miliar).

“Ini adalah sinyal kuat bagi Ukraina, menunjukkan bahwa kami tidak menyerah” ketika perhatian internasional terfokus pada perang Israel-Hamas, kata Boris Pistorius kepada saluran televisi ARD.

Ukraina secara konsisten menuntut bantuan militer yang lebih besar dari sekutu Baratnya, namun serangan balasan yang dilancarkan tahun ini gagal mengusir pasukan Rusia yang bercokol di selatan dan timur negara tersebut.

Baca juga: Rencana Darurat Partai Republik untuk Hindari Penutupan Pemerintah AS

"Peningkatan dana tersebut merupakan respons terhadap pengalaman tahun ini, yang menunjukkan jumlah yang direncanakan dengan cepat habis”, kata Pistorius.

Pemerintahan koalisi Kanselir Olaf Scholz mencapai kesepakatan untuk melipatgandakan paket bantuan awal, yang sebagian besar terdiri dari peralatan militer, dan keputusan tersebut akan disetujui secara resmi dalam pemungutan suara oleh anggota parlemen.

Baca juga: Pejabat Militer Ukraine Diduga Terlibat dalam Sabotase Pipa Gas Nord Stream

Jerman telah menjadi salah satu pendukung utama Ukraina sejak Rusia melancarkan invasi besar-besaran pada Februari tahun lalu, memberikan bantuan kemanusiaan, keuangan dan militer sebesar 22 miliar euro.

Namun mereka menolak pengiriman rudal Taurus jarak jauh yang diminta Kyiv, karena khawatir rudal tersebut akan digunakan untuk menargetkan wilayah Rusia. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat