visitaaponce.com

Breaking News Israel Kepung RS Al Ahli Baptist di Gaza dengan Tank Militer

Breaking News! Israel Kepung RS Al Ahli Baptist di Gaza dengan Tank Militer
RS Al Ahli Baptis menjadi satu-satunya rumah sakit yang masih beroperasi di Kota Gaza.(Kolase HO/MER-C/PRCS)

ORGANISASI kemanusiaan Bulan Sabit Palestina atau Palestine Red Crescent (PRCS) mengatakan, tank-tank Israel saat ini mengepung RS Al Ahli Baptist di Kota Gaza.

Informasi itu dikabarkan dua jam lalu lewat media sosial Instagram @palestineredcrescent, pada Kamis (16/11) malam.

"Tank militer Israel mengepung rumah sakit Baptis Al-Ahli di Gaza, dan serangan kekerasan sedang berlangsung," sebut PRCS.

Baca juga : Korea Utara Sebut Israel Biadab, Amerika Lebay  

Tidak diketahui berapa jumlah orang yang berada di dalamnya. Namun, karena kepungan represif militer itu, PRCS mengaku tidak bisa menolong mereka yang terluka.

"Tim PRCS tidak dapat bergerak dan menjangkau mereka yang terluka. Tank mengepung Rumah Sakit Baptis Al-Ahli dan terjadi bentrokan hebat," katanya lagi. 

RS Al Ahli menjadi rumah sakit terakhir di Gaza

RS Al Ahli Baptis menjadi satu-satunya rumah sakit yang masih beroperasi di Kota Gaza, yang juga mengalami kekurangan alat dan pasokan medis. 

Baca juga : Pasukan Israel Tahan Direktur Rumah Sakit Al-Shifa di Gaza

Sebelumnya, Direktur operasional dan kedaruratan di Rumah Sakit Al Ahli Baptis, Ahmad Al-Louh, menyatakan rumah sakit kini hanya memberikan perawatan pertolongan pertama kepada orang-orang terluka.

Namun, mereka harus bersabar menunggu dalam antrian panjang untuk operasi atau perawatan medis lainnya.

Ia juga mengatakan, dalam situasi saat ini, rumah sakit dan staf medis di sana tidak dapat memberikan layanan kesehatan yang layak karena keterbatasan sumber daya. 

Baca juga : 3 Bayi Prematur di RS Kamal Adwan Gaza Meninggal Dunia

“Setiap hari dan setiap saat kami semua terancam bahaya,” kata Al-Louh.

Pada 17 Oktober, setidaknya 471 orang tewas dan banyak yang terluka akibat serangan udara Israel di Rumah Sakit Al Ahli Baptis, kata para pejabat kesehatan di Gaza. Namun, Israel menyangkal bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Saat ini, Rumah sakit terbesar di Gaza, Rumah Sakit Al Shifa, juga diserang oleh tentara Israel pada Rabu (15/11). RS tersebut tidak dapat beroperasi karena dikepung oleh Israel dan mengalami blokade listrik, air serta makanan.

Kabar terbaru, sekitar 5.000 orang menjadi sandera pasukan Israel di sana, tanpa adanya bantuan internasional yang masuk.

Kantor media pemerintah di Gaza mengatakan tentara Israel sejauh ini telah menargetkan 52 fasilitas kesehatan dan 55 ambulans di seluruh Gaza, sementara 25 rumah sakit berhenti beroperasi karena pemboman atau kekurangan bahan bakar dan pasokan medis. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat