visitaaponce.com

Bendera Palestina Berkibar di Balai Kota Oslo Norwegia

Bendera Palestina Berkibar di Balai Kota Oslo Norwegia
Para pengunjuk rasa mendukung warga Palestina dengan slogan Bebaskan Palestina di luar gedung parlemen Stortinet di Oslo, Norwegia.(AFP/Heiko Junge.)

BALAI kota Oslo, ibu kota Norwegia, pada Rabu (29/11) mengibarkan bendera Palestina untuk menunjukkan solidaritas terhadap rakyat Jalur Gaza. Ribuan orang Palestina kehilangan nyawa ketika Israel membalas dengan membabi buta terhadap serangan Hamas pada 7 Oktober.

Inisiatif ini bertepatan dengan Hari Solidaritas Internasional untuk Rakyat Palestina. Ini dirayakan sejak 1978 setelah diadopsinya resolusi Majelis Umum PBB.

"Ketika kita mengetahui bahwa lebih dari 5.000 anak telah kehilangan nyawa mereka. Ini setara dengan lebih dari 275 kelas sekolah. Wajar jika kita mengingatnya hari ini," kata Wali Kota Oslo Anne Lindboe kepada AFP di sela-sela acara yang dihadiri aktivis pro-Palestina.

Baca juga: Keluarga-Keluarga Gaza kembali ke Rumah Mereka yang Hancur

"Sangat penting untuk digarisbawahi bahwa Oslo harus menjadi kota bagi semua orang. Baik minoritas Yahudi maupun mereka yang berlatar belakang Palestina harus merasa aman, dilihat, dan dilibatkan," tambahnya.

Pada Sabtu, pemerintah kota juga menyelenggarakan peringatan untuk menghormati korban Israel dalam serangan 7 Oktober. Hari itu, Hamas menerobos perbatasan militer Gaza dalam serangan yang menurut para pejabat Israel menewaskan sekitar 1.200 orang dan sekitar 240 sandera disandera. Serangan balasan Israel bersamaan dengan serangan darat telah menewaskan sekitar 15.000 orang, menurut pemerintah Hamas di Gaza.

Baca juga: Penyintas Genosida Nazi Menentang Pembantaian Israel di Gaza

Ketika ditanya oleh AFP, Kedutaan Besar Israel di Norwegia mengatakan pihaknya tidak mempermasalahkan sikap solidaritas terhadap Palestina. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat