visitaaponce.com

Pijar Foundation-PoliPoli Inc Bentuk Dana Filantropi Dukung Inovasi Kebijakan

Pijar Foundation-PoliPoli Inc Bentuk Dana Filantropi Dukung Inovasi Kebijakan
Kerja sama Pijar Foundation dengan PoliPoli Inc(Dok. Pijar Foundation)

YAYASAN nirlaba Pijar Foundation menjalin kerja sama dengan PoliPoli Inc., platform kebijakan publik yang berbasis di Tokyo, Jepang dalam bentuk Policy Fund, dana filantropi yang akan mendukung inovasi dan eksperimentasi kebijakan masa depan Asia Tenggara. 

Penandatangan MoU kerja sama keduanya di ajang ASEAN-Japan Economic Co-Creation Forum, turut disaksikan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang Ken Saito

Pijar Foundation merupakan yayasan nirlaba independen di Indonesia yang bertujuan membangun ekosistem strategis untuk mewujudkan Talenta Masa Depan dan Planet Masa Depan. 

Baca juga : Kebutuhan Hunian Terus Meningkat, Tostem Bawa Inovasi Pintu Terbaru

Melalui inisiatif dengan PoliPoli Inc. ini, Pijar Foundation akan memperluas dampaknya hingga ke luar batas wilayah Indonesia dan ikut mendorong pembangunan sosial-ekonomi yang inklusif di kawasan Asia Tenggara.

Policy Fund itu akan mengumpulkan dukungan dari berbagai donor, baik domestik maupun internasional, yang memiliki semangat sama untuk mendorong transformasi sosial melalui inovasi dan kebijakan. 

Policy Fund akan menyediakan dukungan finansial, pengetahuan, dan mentorship bagi institusi-institusi pembentuk inovasi masa depan, yang dapat dijadikan model untuk transformasi kebijakan publik.

Baca juga : Jawab Kebutuhan Konsumen, Kansai Luncurkan Dua Tipe Cat Hasil Inovasi

Dengan jejaring strategis multi-sektoral Pijar Foundation dan keahlian PoliPoli di bidang policy co-creation (sinergi kebijakan antara sektor publik dan privat), Policy Fund ini akan mendukung para pemimpin di wilayah Jepang dan Asia Tenggara dalam memecahkan isu-isu masa depan. 

Hal ini sejalan dengan poin Presiden Joko Widodo dalam peringatan 50 tahun kerja sama ASEAN-Jepang, yang menekankan pentingnya investasi dan alih teknologi untuk kemajuan kedua belah pihak.

Policy Fund sendiri akan berfokus memecahkan empat masa depan yang tidak terelakkan: kelangkaan energi, krisis pangan, ancaman kesehatan, dan kesenjangan talenta.

Baca juga : Sahabat UMKM Bakal Promosikan Produk Indonesia di Nagoya lewat EKSPLORASI

Direktur Eksekutif Pijar Foundation Ferro Ferizka mengatakan, kerja sama itu memadukan kekuatan Jepang dan Asia Tenggara di bidang inovasi dan kebijakan publik untuk bersama-sama memecahkan 4 masa depan yang tidak terelakkan: energi, pangan, kesehatan, dan talenta. 

“Dengan berjalan beriringan, ASEAN-Jepang akan dapat mewujudkan pembangunan untuk semua,” ujarnya.

Policy Fund membuka kolaborasi seluas-luasnya dengan berbagai pihak yang memiliki kesamaan misi untuk memecahkan masa depan melalui inovasi dan kebijakan publik. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat