visitaaponce.com

DK PBB Gagal Hentikan Genosida di Gaza

DK PBB Gagal Hentikan Genosida di Gaza
DK PBB kembali gagal melahirkan resolusi menghentikan perperangan di Gaza. Mereka hanya mengupayakan peningkatan bantuan kemanusiaan.(AFP)

JUMLAH korban tewas oleh genosida Israel di Jalur Gaza melewati angka 20 ribu, Dewan Keamanan (DK) PBB kembali gagal melahirkan resolusi untuk menghentikannya. Badan yang beranggotakan 15 negara itu hanya mengupayakan peningkatan bantuan kemanusiaan.

DK PBB pada Jumat (22/12), mengadopsi sebuah resolusi yang menyerukan untuk mempercepat bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza. Itu di tengah laporan kelaparan yang meluas, namun tidak menyerukan penghentian permusuhan .

Setelah berulang kali tertunda, resolusi tersebut disahkan tanpa seruan penangguhan segera permusuhan antara Israel dan Hamas. Pemungutan suara di dewan beranggotakan 15 orang tersebut menghasilkan hasil 13-0 dengan Amerika Serikat dan Rusia abstain.

Baca juga: Invasi Militer Israel Paling Merusak dalam Sejarah Manusia

Hamas mengatakan resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut lebih banyak bantuan ke Jalur Gaza tidak cukup. Sementara Israel mengatakan PBB harus fokus pada sisa sandera yang ditahan di daerah kantong Palestina.

Perwakilan Palestina di PBB mengatakan pemungutan suara tersebut adalah sebuah langkah ke arah yang benar dan menegaskan kembali seruan untuk segera melakukan gencatan senjata. Pada saat yang sama militer Israel memerintahkan penduduk Al -Bureij di Gaza tengah untuk segera pindah ke selatan, yang menunjukkan fokus baru serangan darat yang telah menghancurkan sebagian besar wilayah Jalur Gaza.

Baca juga: Ini 12 Perusahaan Pelayaran yang Hindari Laut Merah karena Houthi

Lebih dari setengah juta orang di Gaza kelaparan karena kurangnya makanan yang masuk ke wilayah tersebut sejak dimulainya perang Israel-Hamas, menurut laporan PBB yang dirilis Kamis (21/12). Para pejabat Israel mengatakan 1.139 orang tewas dalam serangan yang dipimpin Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan, di antaranya 695 warga sipil Israel, termasuk 36 anak-anak.

Lebih dari 20.000 orang tewas dalam serangan Israel di Jalur Gaza, menurut kementerian kesehatan di daerah kantong yang dikelola Hamas. (AFP/Cah)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat